Highlight

Enam Cara Memilih Maskapai yang Aman

Saat bepergian dengan pesawat terbang, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, Anda akan menemukan banyaknya pilihan maskapai penerbangan. Ada yang menawarkan harga promosi dengan servis seadanya, ada pula yang menjual tiket dengan harga relatif mahal, tapi pelayanan di dalam pesawat memuaskan.

Lalu, bagaimana cara memilih maskapai penerbangan yang tepat dari sekian banyak pilihan yang tersedia?

1. Ketepatan Waktu Keberangkatan
Salah satu hal utama dalam mencari dan memilih maskapai penerbangan adalah mengenai ketepatan waktu keberangkatan.

Dilansir dari bisnis.liputan6.com, data On Time Performance (OTP) dan keterlambatan badan usaha angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri ini menempatkan maskapai Travira Air sebagai penerbangan paling tepat waktu dengan ketepatan waktu hingga 100 persen. Bahkan maskapai ini sama sekali tak pernah mengalami delay dari 47 penerbangan yang dilakukannya.

Selanjutnya diikuti maskapai Nam Air 92,9 persen dengan 3.477 penerbangan, Batik Air 90,78 persen dengan jumlah penerbangan 13.536, dan Garuda Indonesia 88,52 persen dengan jumlah penerbangan 164.623.

2. Catatan Kecelakaan Pesawat
Saat Anda terbang menuju lokasi tujuan, tentu Anda ingin tiba dengan selamat. Karena itu keselamatan penerbangan menjadi faktor utama ketika memilih maskapai. Aman atau tidaknya maskapai yang Anda pilih bisa dilihat dari data kecelakaan yang pernah terjadi. Di Indonesia dapat dikatakan cukup sering terjadi kecelakaan pesawat, baik yang fatal maupun kecelakaan kecil yang tidak memakan korban jiwa.

Namun demi amannya, lebih baik Anda mengecek daftar yang dibuat oleh Airsafe.com mengenai daftar kecelakaan yang pernah terjadi dari setiap maskapai penerbangan di seluruh dunia. Daftar ini akan berguna sekali ketika Anda berada di luar negeri dan akan menggunakan transportasi pesawat bertarif murah.

3. Award yang Pernah Diterima
Untuk pilihan penerbangan dalam negeri mungkin tidak terlalu sulit karena sumber informasi dapat Anda temui dengan mudah. Tapi ketika berada di negeri asing dan Anda butuh penerbangan yang terjangkau namun tetap aman, Anda harus pintar-pintar mencari informasi. Salah satu cara mengukur kredibilitas sebuah maskapai penerbangan adalah dengan melihat award/penghargaan yang pernah diterima. Misalnya, Garuda Indonesia yang pernah mendapatkan award World’s Best Cabin Crew pada tahun 2014.

4. Harga
Harga biasanya menjadi faktor utama juga dalam memilih maskapai penerbangan, maka sebaiknya jangan berharap menggunakan pesawat yang memiliki kenyamanan apabila harganya lebih murah. Karena maskapai penerbangan yang biayanya rendah (Low Cost Carrier/LCC) sering mengurangi fasilitas kenyamanan untuk menekan biaya penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan yang dapat dijadikan pilihan dengan berbiaya rendah antara lain Sriwijaya Air, Batik Air, Air Asia, dan Lion Air.

5. Tingkat Pelayanan dan Kenyamanan
Masing-masing maskapai penerbangan memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Beberapa faktor kenyamanan yang acapkali menjadi poin penting dalam memilih maskapai penerbangan, di antaranya jarak antartempat duduk, bagasi gratis yang tersedia, in-flight meals, kecepatan layanan customer serive, dan lain sebagainya.

Kecepatan dalam pelayanan kini juga menjadi faktor dalam memilih maskapai penerbangan. Beberapa maskapai penerbangan yang mengutamakan pelayanan dan kenyaman penumpang antara lain Garuda Indonesia, Batik Air, dan Sriwijaya Air.

6. Testimoni Penumpang Lain
Ada baiknya Anda melihat-lihat dulu testimonial atau review para penumpang pesawat yang pernah menggunakan maskapai penerbangan yang akan Anda pilih. Informasi ini dapat dengan mudah Anda lihat melalui internet atau melalui sumber terpercaya seperti teman, keluarga atau rekan kerja yang pernah terbang dengan maskapai tersebut.

(Foto : AVIASI/Joe Roland S. Bokau)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close