DomestikNewsRagam

Garuda Indonesia Dan Yayasan Kanker Indonesia Fasilitasi Edukasi Program Paliatif Kanker

 

infopenerbangan.com – Bertempat di RSUD Prof Dr W Z Johannes Kupang, Garuda Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sukses melaksanakan serangkaian program edukasi  perawatan pasien paliatif penderita kanker  bagi tenaga kesehatan di Kupang, NTT yang dilaksanakan dari tanggal 25 Oktober sampai hari ini.

Sedikitnya 160 peserta edukasi yang terdiri dari tenaga kesehatan dan care giver dari berbagai rumah sakit di daratan Pulau Timor tersebut mengikuti workshop yang menghadirkan trainer dan dokter spesialis yang diterbangkan langsung dari Jakarta.

Prof. Aru Wisaksono selaku Ketua Umum YKI mengatakan, “Program Pelatihan Perawatan Pasien Paliatif di Rumah untuk Survivor dan Tenaga Pelaku Rawat (Care Giver) merupakan program unggulan di Bidang Pelayanan dan Sosial Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yang bekerjasama dengan Garuda Indonesia.Menurut WHO, jumlah pengidap kanker tiap tahun bertambah 7 juta orang, dan dua per tiga di antaranya berada di negara-negara yang sedang berkembang. Bahkan diestimasikan bahwa mulai tahun 2010, setiap tahun akan terdapat sekitar 9 juta orang  meninggal dunia akibat kanker.Perawatan paliatif merupakan suatu cara untuk meringankan atau mengurangi penderitaan, serta merupakan kebutuhan manusiawi dan hak asasi bagi penderita penyakit yang sulit disembuhkan / stadium lanjut”.

Sementara itu, Direktur Umum dan SDM Garuda Indonesia Sari Suharso mengungkapkan, “Sebagai institusi bisnis dan sebagai perusahaan penerbangan pembawa bendera negara, Garuda Indonesia tidak hanya berorientasi pada bisnis semata.Kami menyadari bahwa perkembangan dan pencapaian Garuda Indonesia selama ini tidak terlepas dari berbagai pihak –termasuk masyarakat luas pada umumnya. Dalam kaitan tersebut Garuda  Indonesia secara berkelanjutan melaksanakan Program Bina Lingkungan yang kami fokuskan pada sektor ibadah, pelestarian alam, pendidikan, sarana prasarana, pengentasan kemiskinan, bencana alam dan kesehatan”, ungkap Sari.

Di Indonesia kanker merupakan masalah yang serius dan patut diwaspadai. Hampir semua kanker ditemukan pada stadium lanjut sehingga angka kesembuhan dan angka harapan hidup pada pasien sangat kecil.

Garuda Indonesia secara berkelanjutan terus mendukung program edukatif dan penanganan pasien Kanker yang  dilakukan bersama-sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) sejak tahun 2013 lalu. Konsistensi Garuda Indonesia dalam mendukung rangkaian program edukatif Yayasan Kanker Indonesia (YKI) merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam melaksanakan program tanggung jawab social dan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL)  di bidang kesehatan.

“Kami harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para peserta pelatihan di bidang perawatan pasien paliatif, sehingga dapat memberikan perawatan kepada pasien kanker khususnya yang telah pada stadium lanjut beserta keluarga sehingga pada akhirnya diharapkan terdapat peningkatan kualitas hidup dari penderita kanker maupun keluarga”,tambah Sari.

Pada tahun 2013 ,2014 dan 2016 Garuda juga bersinergi dengan Yayasan Kanker Indonesia dengan melaksanakan kegiatan “Garuda Indonesia Peduli Kanker Serviks & HIV-AIDS”, di Jayapura, Ambon, Manado, DKI Jakarta, Tanjung Pinang (Kepulauan Riau) dan Tarakan, Kalimantan Utara. Kegiatan tersebut meliputi  penyuluhan kanker, pelayanan Pap Smear & IVA, dan bantuan pengobatan bagi masyarakat , pelatihan deteksi dini & HIV-AIDS  bagi tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum dan bidan dan pemberian alat Krioterapi di setiap provinsi.(ivan)

BACA JUGA :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close