DomestikHighlightHot NewsNews

Garuda Indonesia Dukung Ekowisata dengan Tanam 50 ribu Bibit Mangrove di Belitung

Infopenerbangan.com, Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), menyumbangkan 50 ribu bibit mangrove sebagai bagian dari dukungan Garuda dalam pengembangan potensi ekowisata berbasis konservasi mangrove di Selat Nasik, Belitung, hari ini, Senin (26/9).

Dukungan Garuda Indonesia tersebut dilakukan melalui sinergi pengelolaan hutan mangrove di Selat Nasik di Belitung bersama pemerintah daerah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat melalui program edukasi terkait pengelolaan mangrove sebagai potensi pariwisata, penanaman dan penyulaman lebih dari 50 ribu bibit mangrove, stock nursery mangrove sebanyak 10 ribu bibit, hingga pemberian fasilitas infrastruktur dan dukungan modal kerja kepada masyarakat setempat.

Direktur Umum & SDM Garuda Indonesia Linggarsari Soeharso mengatakan, “Dukungan Garuda Indonesia terhadap potensi ekowisata berbasis konservasi mangrove Selat Nasik di Bangka Belitung tersebut, merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial yang dilaksanakan perusahaan dan sekaligus menjadi wujud komitmen Garuda Indonesia sebagai Green Airline untuk terus menjaga kelestarian lingkungan, khususnya terkait budi daya mangrove untuk pencegahan abrasi di pesisir laut” ungkap Sari.

Melalui pengembangan potensi ekowisata berbasis konservasi mangrove ini, kami juga mengajak masyarakat setempat untuk lebih mengenal dan meningkatan kesadarannya akan pentingnya menjaga ekosistem pantai.

“Konservasi mangrove tidak hanya bermanfaat terhadap pelestarian lingkungan akan tetapi juga dapat mengoptimalkan potensi wisata desa-desa di sekitar Selak Nasik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan “Kami menyambut baik komitmen Garuda dalam mendukung pengembangan potensi wisata Selat Nasik, hal ini sejalan dengan visi dari Pemerintah Daerah Belitung yang saat ini tengah menggiatkan potensi ekowisata konservasi mangrove berbasis partisipasi kemasyarakatan, papar Sahani.

Dukungan Garuda Indonesia terhadap potensi ekowisata konservasi mangrove Selat Nasik tersebut juga dilakukan melalui edukasi dan pelatihan terhadap siswa-siswi SMP/SMK, khususnya mengenai konsep konservasi flora dan fauna dengan harapan dapat memberikan wawasan yang komprehensif terkait pemanfaatan konservasi flora fauna terhadap peningkatan potensi wisata dan peningkatan ekonomi warga setempat.

Rangkaian program pembinaan budidaya konservasi mangrove yang dilaksanakan Garuda Indonesia ini mendapat dukungan penuh oleh pemerintah daerah Bangka Belitung bersama-sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). (*/RF)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close