DomestikHighlight

Garuda Indonesia Raih “The Best Indonesia Green Awards 2015”

Tahun ini Garuda Indonesia kembali mengikuti kompetisi Indonesia Green Awards (IGA) yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. Tahun 2015 ini merupakan pelaksanaan IGA yang ke-6 kalinya, dan merupakan yang ke-3 kalinya Garuda Indonesia berpartisipasi.

Pada tahun ini Garuda Indonesia berhasil meraih penghargaan di seluruh kategori kompetisi, yaitu:

  1. Penyelamatan Sumber Daya Air
  2. Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan
  3. Pengembangan Keanekaragaman Hayati
  4. Pelopor Pencegahan Polusi
  5. Pengembangan Pengolahan Sampah Terpadu

Dengan meraih penghargaan untuk 5 kategori pada IGA 2015, maka di tahun ini Garuda Indonesia juga berhak mendapatkan penghargaan sebagai The Best Indonesia Green Awards 2015.

Penyerahan penghargaan Indonesia Green Awards dilaksanakan pada hari Kamis 4 Juni 2015, bertempat di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perindustrian, Bapak Saleh Husin dengan didampingi oleh Chairman The La Tofi School of CSR La Tofi, dan diterima oleh Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Novianto Herupratomo.

Penghargaan Indonesia Green Awards diberikan kepada perusahaan, provinsi, kota, sekolah, dan perguruan tinggi (Green Business, Green Province, Green City, Green School, Green Campus) yang dinilai berprestasi sangat baik dalam pelaksanaan program yang mendukung pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Pemberian apresiasi atas upaya-upaya semua pihak yang telah dilakukan melalui berbagai program untuk menyelamatkan bumi yang dapat meminimalisir dan mencegah dampak perubahan iklim yang lebih ekstrim.

Berbagai program Green Action Garuda Indonesia yang dinilai telah berhasil dalam mendukung upaya penyelamatan bumi guna meminimalisir dan mencegah dampak perubahan iklim yang lebih ekstrim diantaranya adalah:

  • Earth Hour sejak tahun 2009 hingga 2015
  • Program “One Passenger, One Tree” dengan menanam 100.000 pohon pada kawasan seluas 250 hektar di Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah
  • Membangun penangkaran penyu di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
  • Penanaman 23.600 pohon mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
  • Program “Bali Beach Clean Up” bekerjasama dengan PT Coca Cola Amatil dan Quicksilver untuk melindungi dan memelihara pantai-pantai di Bali.
  • Penerapan “aksi hijau” di lingkungan kantor pusat Garuda Indonesia Cengkareng, meliputi penanaman berbagai jenis pohon, pembangunan jalur pedestrian di berbagai area, pembuatan 100 ribu biopori, serta penyediaan fasilitas sepeda yang dapat digunakan oleh seluruh karyawan untuk beraktivitas tanpa harus menggunakan kendaraan bermotor (Garuda Indonesia Bike Park).
  • Fuel Conservation Program dan Revitalisasi dengan penggunaan armada baru yang lebih ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar seperti Airbus A330-200, Boeing B737-800 NG, Bombardier CRJ1000 NextGen dan ATR 72-600. Penghematan yang diperoleh melaui program ini tahun 2014 sebesar 18.31 Juta Liter atau setara penghematan pencemaran emisi gas buang CO2 sebesar 45.8 Juta Kg. (*)

(Foto : Garuda Indonesia)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close