DomestikHighlightHot News

GMF Sumbang OTP 99,41% Untuk Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink

Infopenerbangan.com, -PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) menunjukkan dukungan terhadap Garuda Indonesia Group pada saat musim libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 dengan On Time Performance (OTP) sebesar 99,41 % untuk penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink.

Dalam periode 21 hari terhitung dari 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017, tercatat 12,856 penerbangan untuk Garuda Indonesia dan 5,106 penerbangan untuk Citilink. Direktur Line Operation GMF Tazar Marta Kurniawan mengatakan pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2017 ini, Garuda Indonesia menambah 2404 penerbangan dan Citilink menambah 1259 penerbangan dari tahun lalu. “Hal ini berpengaruh pada kesiapan personil GMF dalam technical handling demi menjaga OTP dari kedua maskapai tersebut” katanya.

Demi mendukung ketepatan waktu dalam musim libur ini, seperti dalam siaran tertulis, GMF memberikan layanan optimal dengan menempatkan teknisi handal untuk masing-masing tipe pesawat di critical stations yaitu Kualanamu, Denpasar, Surabaya, Ujungpandang dan juga Singapura. Langkah antisipatif yang diinisiasi oleh GMF adalah menyiapkan quick recovery team yang terdiri dari trouble shooter, tim material dan engineer yang siap sedia menyelesaikan masalah teknis yang terjadi selama musim libur.

Menurut Tazar, pencapaian ini merupakan rekor baru untuk GMF dalam menangani pesawat Garuda Indonesia di 3 tahun terakhir setelah berhasil menorehkan angka 98,96% di tahun 2015 dan 90,77% ditahun 2014. Sedangkan untuk penanganan penerbangan Citilink, tahun ini GMF berhasil mencatat kenaikan OTP sebesar 1,25% menjadi 99,11% setelah ditahun 2015 berhasil mencatat 97,94%.

Tazar menambahkan bahwa GMF saat ini juga telah mengembangkan sistem aplikasi ‘Aircraft Flight Status’ berbasis mobile, sehingga progress maintenance pesawat dapat dimonitor dimanapun dan kapanpun. “Keberhasilan ini tidak lepas dari komunikasi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak baik internal maupun eksternal.” tambahnya.  (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close