Hot NewsInternasionalNews

Gunung Berapi Erupsi, Alaska Keluarkan Peringatan Penerbangan

Infopenerbangan,- Gunung berapi Bogoslof yang berada di Alaska kembali memuntahkan abu vulkanik setinggi 30.000 kaki setelah beberapa kali mengalami erupsi pada tahun 2016 silam lalu.

Dampaknya, sebuah peringatan penerbangan pun dikeluarkan sebab gunung berapi tersebut berada di bawah jalur penerbangan pesawat yang terbang dari Asia ke Amerika Utara, awan abu-nya bisa mempengaruhi pesawat yang lewat.

“Abu dan pesawat terbang tidak bercampur, karena abu vulkanik bersifat abrasif, meleleh pada suhu mesin jet, dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin,” ungkap Observatorium tersebut sebagaimana dilansir pada UPI.

Menurut Alaska Volcano Observatory (AVO), gunung berapi yang bernama Bogoslof itu mengalami erupsi pada 8 Juli 2017 dan membuat Kepulauan Aleutians berselimut abu.

Gunung tersebut tetap dalam level tinggi dan dalam kondisi yang tidak dapat diprediksi, dan ledakan tambahan yang menghasilkan awan vulkanik berketinggian tinggi dapat terjadi kapan saja,” kata observatorium tersebut seperti dikutip dari CNN, Senin (10/7/2017).

Rangkaian letusan saat ini dimulai pada Desember 2016 lalu. Pada Mei 2017, letusan gunung berapi tersebut mendorong peringatan penerbangan menjadi ke level merah.

Hal serupa juga terjadi pada 2010 silam, letusan gunung berapi Eyjafjallajokull di Islandia menyebabkan pembatalan penerbangan di seluruh Eropa selama enam hari. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close