DomestikHot NewsNews

Gunung Sinabung Erupsi, Kemenhub Minta Maskapai Untuk Waspada

Infopenerbangan,- Gunung Dukono dan gunung Sinabung kembali erupsi, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengingatkan para pelaku penerbangan nasional untuk mewaspadai sebaran abu vulkanik gunung gunung tersebut.

“Saya ingatkan kepada semua insan penerbangan, terutama para pilot dan ATC, para General Manager, serta Kepala Bandara agar mewaspadai sebaran abu vulkanik ini. Sebelum melakukan operasional penerbangan, harus selalu meminta data dan pertimbangan dari BMKG setempat. Jangan memaksakan untuk terbang jika memang keadaan tidak memungkinkan,” ujar Dirjen Hubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (20/5/2017) malam.

“Ini karena debu-debu vulkanik halus tersebut bisa tersedot ke dalam mesin pesawat dan menyebabkan mesin pesawat rusak atau terbakar,” kata Agus.

Abu vulkanik, juga bisa menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas dan mengganggu penerbangan,”tambahnya.

Agus juga mengimbau kepada penumpang bersabar hingga menunggu cuaca benar-benar kondusif. “Kepada penumpang pesawat, kami sampaikan agar bersabar dan memaklumi untuk menunggu sampai keadaan cuaca kondusif aman untuk penerbangan demi keselamatan bersama,” jelas Agus.

“Sedangkan bagi pesawat yang sudah terbang, pilot harus selalu berkoordinasi dengan pihak ATC untuk memberitahu jalur udara yang aman dari sebaran abu vulkanik tersebut,” ungkap Agus. (*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close