Hot NewsNews

HELIKOPTER M1 17 JATUH DI KENDAL

Infopenerbangan,- Helikopter MI 17 milik TNI AD Semarang dalam rangka melaksanakan latihan terbang meledak dan jatuh di area Kawasan Industri Kendal Ds. Wonorejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal pada hari Sabtu (6/6/2020).

Menurut Johana Satiya Putra yang berada di dekat lokasi melihat helikopter tersebut dari arah timur menuju ke barat, selanjutnya pada saat dari arah barat sudah dalam keadaan oleng dan keluar asap, dan sesaat kemudian pesawat jatuh keluar asap dan meledak.

“Pada pukul 14.25 WIB helikopter MI 17 menewaskan 4 orang sementara 5 lainnya luka-luka dan selamat. Korban luka-luka saat ini sudah evakuasi ke RSUD Soewondo Kendal (1 MD di RS)”, Menurut keterangan saksi Johana Satiya Putra.

Penyebab jatuhnya helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi. Tercatat identitas korban yang meninggal dunia dan selamat dalam kecelakaan tersebut. Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y. Hendro, dan Lettu Cpn Wisnu meninggal dunia dalam insiden itu. Sementara Lettu Cpn Vira Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, dan Praka Andi selamat.

Basarnas Semarang juga sudah membenarkan ada sebuah helikopter yang jatuh di wilayah Kendal. 

Mengenal Helikopter MI 17 TNI AD 

Sumber Foto: Shutter Stock

Mi-17 merupakan helikopter angkut yang digerakkan dua turbin dari pabrikan Kazan Helicopter Plant, Rusia. Helikopter ini memiliki dimensi panjang 18,5 meter dan tinggi 5,6 meter. Seri ini pertama kali terbang pada tahun 1975.

Helikopter ini memiliki muatan yang cukup banyak. Awak kabin sejumlah 3 orang kru, dan bisa mengangkut 24 prajurit, atau 12 tandu, atau kargo seberat 4 ton secara internal atau 5 ton eksternal.

Mi-17 juga digunakan oleh oleh angkatan bersenjata di 79 negara. Meski demikian, Mi-17 tidak hanya untuk operasi militer, tapi ia kerap turun dalam operasi SAR atau menjangkau daerah-daerah terpencil. 

Mi-17 merupakan jenis helikopter terbanyak kedua dalam daftar inventaris Penerbad. Diambil dari beberapa sumber, Penerbad memiliki 16 unit helikopter Mi-17, jumlah ini terbanyak kedua setelah heli MBB BO 105.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close