HighlightHot NewsInternasional

Imbas Kebijakan Trump, Belasan Pengungsi Ditahan di Bandara

Infopenerbangan.com, – Baru beberapa hari usai dilantik menjadi presiden AS, kebijakan Donal Trump langsung berdampak kepada pengungsi yang tiba di AS.

Penahanan ini memicu protes di bandara John F Kennedy New York, yang menuntut pembebasan 11 orang pengungsi yang ditahan di sana.

Seperti diwartakan BBCndws pada Sabtu lalu, Donald Trump menyatakan perintah eksekutif untuk membatasi pengungsi ini, “bukan merupakan larangan bagi Muslim”.

Orang-orang yang ditahan di bandara AS ini merupakan mereka yang telah transit pada saat Trump mengumumkan perintah ini pada Jumat (27/01) lalu. Tujuh negara yang terkena dampak kebijakan larangan perjalanan selama 90 hari tagi para pengungsi dari Iran, Libia, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman.

“Kita akan memiliki larangan yang sangat, sangat ketat dan kita akan menerapkan proses pemeriksaan yang ketat yang seharusnya sudah kita lakukan di negara ini selama beberapa tahun.”

Tetapi, kebijakan Donald Trump ini tampaknya akan berdampak terhadap lebih banyak orang, karena mencegah warga dari tujuh negara untuk masuk ke AS – meskipun mereka memiliki visa yang sah.

Pada Sabtu lalu, lima orang penumpang asal Irak dan seorang warga negara Yaman dicegah untuk melakukan penerbangan dari bandara di Kairo ke New York.

Maskapai Belanda KLM mengatakan perjalanan tujuh orang itu telah memiliki tiket pesawat ke AS dibatalkan karena mereka tak akan diterima lagi di AS.

Larangan juga berlaku bagi orang dengan dua kewarganegaraan – sebagai contoh, seorang warga Inggris yang juga merupakan warga negara Iran kemungkinan tidak akan diijinkan masuk ke AS. (*/Eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close