Domestik

IMBAS PERANG TARIF PENYEBAB TIKET PESAWAT JADI MURAH

Infopenerbangan.com – Banyak pihak yang mengeluhkan harga tiket pesawat yang mahal dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Dijelaskan oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, murahnya harga tiket pesawat di masa lalu sebenarnya adalah imbas dari perang tarif maskapai yang tengah berebut penumpang.

“Kemarin waktu 4-5 tahun lalu, yang terjadi di Indonesia over supply sehingga airlines berebut penumpang. Ini menyebabkan tarif turun. Semua main ke bawah kira-kira 40-50 persen dari tarif batas atas,” ucapnya di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Berita terkait: ATURAN BARU MENHUB SOAL TARIF PESAWAT

Tarif tiket yang murah dianggap harga tiket yang wajar oleh masyarakat. Masyarakat menilai saat itu harga yang diberikan maskapai merupakan harga normal. Padahal, harga itu merupakan harga setelah diberi potongan yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan untuk menggaet penumpang.

“Di kepala penumpang itu adalah harga normal, padahal itu adalah diskon yang diberikan maskapai,” ujar Pikri.

Garuda Indonesia sebagai maskapai dengan pelayanan penuh alias full service airline sejak beberapa tahun ke belakang mempelopori untuk menghentikan perang tarif yang telah terjadi cukup lama di industri penerbangan nasional.

“Ketika harga-harga sekarang ini naik semuanya, kan itu airlines berbenah. Garuda yang mempelopori sebagai price leader nggak mau lagi perang tarif,” tegasnya.

Berbeda dengan maskapai lainnya, Garuda tidak lagi jor-joran memberikan diskon tarif pesawat dan menerapkan tarif tiket pesawat yang ideal. Akibatnya, kondisi ini ditangkap masyarakat sebagai kenaikan harga sehingga memicu gelombang protes dari masyarakat yang selama ini sudah menikmati tarif tiket pesawat murah.

“Jadi kita mau infomasikan harga kita itu sesuai dengan Permenhub 14/2016. Nggak melanggar apapun dan nggak ada kenaikan sebenarnya. Hanya saja masyarakat merasakan kemarin merasakan di harga yang terlalu rendah,” pungkasnya. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close