Ragam

INFO JATAH BAGASI PESAWAT MASKAPAI PENERBANGAN

Infopenerbangan.com – Maskapai penerbangan telah menerapkan bagasi berbayar. Namun, setiap pesawat berbeda-beda ketentuan untuk bagasi pesawat maupun jatah kabin.

Berikut tentang info jatah kabin dan bagasi pesawat utuk berbagai maskapai penerbangan di Indonesia:

Garuda Indonesia

Maskapai Garuda Indonesia memberlakukan penumpang dewasa dan anak di kelas bisnis mendapatkan free bagasi sebesar 30 kg.

Sementara penumpang dewasa dan anak kelas ekonomi mendapatkan free bagasi sebesar 20 kg. Sedangkan penumpang bayi di kelas bisnis dan kelas ekonomi mendapatkan free bagasi sebesar 10 kg.

Selain itu, penumpang hanya boleh membawa satu tas tangan berukuran maksimal 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat tidak lebih dari 7 kg ke dalam kabin. Sebagai tambahan, penumpang boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop.

Batik Air

Batik Air masih tersedia jatah bagasi gratis, baik untuk rute domestik maupun internasional. Dengan ketentuan jatah bagasi gratis 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis.

Citilink

Citilink memberikan free untuk bagasi sampai dengan 20 kg. Penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan hingga seberat 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm di kabin Citilink.

Berat barang bawaan di kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang sudah ditentukan Citilink.

Sriwijaya Air

Bagasi yang dapat dibawa maksimal 20 kg untuk semua jurusan kecuali Jakarta – Tanjung Pinang–Jakarta seberat 15 kg. Selebihnya penumpang akan dikenakan biaya tambahan.

Sebaiknya mengemas bagasi dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Dan demi kenyamanan sangat tidak disarankan menyimpang barang berharga di dalam bagasi. Sriwijaya Air juga membatasi jenis binatang yang dapat dibawa ke dalam kabin.

Lion Air

Penumpang Lion Air kelas ekonomi boleh membawa barang bawaan dengan berat tidak lebih dari 7 kg, serta tas dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm di dalam kabin. Tas beroda boleh dibawa ke dalam kabin dengan dimensi yang sama atau kurang.

Penerimaan barang bawaan di kabin disesuaikan dengan ketersediaan tempat penyimpanan barang bawaan di atas kepala penumpang. Tempat penyimpanan terbatas juga tersedia di bawah kursi depan. Jika tidak ada tempat tersedia untuk menyimpan barang bawaan di kabin, maka akan dilakukan penarikan dan pemuatan barang bawaan di ruang bagasi sesuai dengan peraturan keamanan penerbangan.

Bagi bayi yang tidak disediakan tempat duduk tidak berhak atas kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis. Barang-barang yang boleh dibawa tanpa dikenakan biaya sebagai tambahan dari kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis (disesuaikan dengan peraturan keamanan) seperti tas tangan wanita, buku saku atau dompet yang sesuai untuk perjalanan normal dan yang tidak digunakan untuk tempat penampungan alat-alat yang dihitung sebagai barang bawaan.

Sedangkan ketentuan bagasi pesawat antara lain mantel, syal atau selimut, kamera kecil dan/atau teropong kecil, makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan, keranjang pembawa bayi, payung atau tongkat jalan, bahan bacaan dalam jumlah yang wajar, kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi atau alat prostetik lainnya yang harus digunakan oleh penumpang. (*)

(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close