Hot NewsNews

INILAH TIM AEROBATIK TERTUA DI DUNIA

Infopenerbangan,- Siapa yang tidak mengenal aerobatik, atraksi dirgantara yang ekstrem ini sangat terkenal di dunia. Gerakan aerobatik pesawat sebenarnya bukan hanya sebuah atraksi untuk dipertontonkan keindahannya kepada mata yang memandang di bawah. Aerobatik tersebut adalah sebuah taktik yang digunakan untuk bertempur dengan memanfaatkan tiga dimensi ruangan udara.

Indonesia patut berbangga memiliki tim aerobatik yang kemampuan nya tidak perlu diragukan lagi di mancanegara, yaitu JAT (JUPITER AEROBATIC TEAM) yang terkenal piawai melakukan berbagai jenis manuver berbahaya dan ekstrem, namun sedap dipandang mata. Banyak negara lain di dunia yang juga punya tim serupa dan tak kalah hebatnya, meskipun telah lama dibentuk. Berikut ini adalah lima daftar tim aerobatik tertua di dunia:

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.54.17

1. PATROULLE ACROBATIQUE de France

Tim aerobatik ini merupakan tim aerobatik pertama di dunia. Tim ini dibentuk pada tahun 1931. Awalnya para pilot dari tim ini bukanlah pilot dari perwira militer, melainkan instruktur sekolah penerbangan dari daerah Etampes-Mondesir, Prancis. Pesawat yang pertama kali digunakan untuk tim ini adalah jenis Morane Saulnier MS-230. Sejak tahun 1981 hingga saat ini PAF memiliki delapan unit Dormiee Alpha jet yang didominasi warna biru, putih dan merah sesuai dengan bendera negara mereka berasal yaitu Prancis. Selain tim tertua , PAF juga dikenal sebagai tim aerobatik terlatih di dunia.

 

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.54.25

2.BLUE ANGLES

Blue Angles ini berasal dari skuadron terbang angkatan laut tentara Amerika Serikat (Navy). Blue Angles merupakan tim tertua kedua setelah Patrouille Acrobatique de France asal Prancis. Tim yang dipimpin oleh kapten Thomas Frosch dari satuan angkatan laut. Awal terbentuknya, Blue Angles memiliki pesawat F6F Hellcats, lalu diganti dengan F11F Grumman. Kini, Blue angels diperkuat dengan enam pesawat tempur F-18 Hornet yang lebih canggih. Seluruh Pilot dan Staff Blue Angels berasal dari korps angkatan laut dan marinir AS.

 

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.55.24

3. BLACK EAGLES

Tim aerobatik asal Korea Selatan ini sebenarnya memiliki nama resmi Air Demonstration Group 53. Dibentuk pada 12 Desember 1994, meski terbilang cukup muda, tim ini sudah banyak tampil di acara air show berskala internasional dan sudah memiliki cukup nama. Awalnya, Black Eagles diperkuat enam pesawat Cessna A-37B Dragonfly. Black Eagle sempat dibubarkan pasca Seoul Air Show tahun 2007. Tim ini akhirnya dibentuk kembali pada tahun 2010 dengan pesawat baru, yakni T-50 Golden Eagle yang dibuat oleh Korea Selatan.

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.56.14

4. FREECE TRICOLOR

Freece Tricolor yang diambil dari bahasa Italia dengan arti Tombak Tiga Warna dengan mewakili bendera Italia yaitu, hijau, putih, biru. Dibentuk secara resmi pada tahun 1961. Tim ini menjadi tim aerobatik angkatan udara Italia, sebenarnya tim ini sudah terbentuk sejak 1920-an. Namun, karena situasi perang dunia ke-2 akhirnya tim ini dibubarkan dan dibentuk kembali tahun 1961. Saat ini Freece Tricolor memiliki pesawat aerobatik Aermacchi MB-339 dan bisa terbang dengan kecepatan 900 kilometer per jam.

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.56.54

5. TURKISH STARS

Tim didirikan pada tanggal 7 November, 1992 dan resmi diberi nama Turkish Stars pada tanggal 11 Januari, 1993. Turkish Stars merupakan tim aerobatik dari angkatan laut Turki dan menjadi tim nasional aerobatik Turkey. Turkey Stars memliki delapan pesawat NF-5 fighter planes, menjadikan Turkish Stars satu-satunya team aerobatik dengan formasi delapan pesawat supersonic dan menjadi salah satu tim nasional untuk menerbangkan pesawat supersonic.

SPESIAL 

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.58.19

JUPITER AEROBATIC TEAM

Tim aerobatik Jupiter merupakan tim aerobatik angkatan udara yang didirikan pada peringatan ke-52 hari TNI, 5 Oktober, 1997 di Lanud Halim Perdanakusuma. Namun sempat vakum pada tahun 2002. Tim ini dibentuk kembali pada tahun 2008 menggunakan empat pesawat Korean Aerospace KT 1 B Woong Bee dari skuadron pendidikan 102 di Lanud Adi Sucipto. Dengan pertunjukan pertamanya di masyarakat umum yang dilakukan pada tanggal 4 Juli 2008. Hingga saat ini tim Jupiter memiliki 8 pesawat KT 1 B Woong Bee buatan Korea Selatan dan tim jupiter dipimpin oleh LETKOL PNB H.M “RAZOR” KISHA.

Tonton videonya disini:

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker