Highlight

INOVASI PESAWAT 2019, DARI KURSI BERDIRI HINGGA KASUR DI KABIN

Infopenerbangan.com – Perkembangan teknologi dilakukan perusahaan-perusahaan penerbangan demi memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang. Salah satu inovasi teknologi di bidang penerbangan adalah interior pesawat yang semakin canggih.

Inovasi dan terobosan baru untuk penumpang tersebut antara lain mulai dari kursi yang besar, sampai kursi minim yang menghemat biaya.
Di awal tahun 2019 ini, teknologi telah melahirkan inovasi yang salah satunya kursi pesawat yang berbentuk sofa, kasur di kabin hingga kursi berdiri.

Beberapa maskapai yang melakukan inovasi baru adalah maskapai asal Amerika Serikat, Delta Airlines. Delta membuat inovasi dengan memotong sandaran kursi di armada Aribus A320. Sandaran dipotong setengah, dari 10 cm menjadi 5 cm. Sedangkan kelas bisnis dari 13 cm menjadi 8 cm.

Hal ini, dilakukan Delta agar penumpang mendapatkan ruang gerak lebih luas. Ditambah jika penumpang di depannya sedang menurunkan sandaran, yang kadang menganggu ruang gerak. Namun, pemotongan ini hanya digunakan untuk penerbangan domestik di AS dengan durasi 1-2 jam.

Perusahaan interior pesawat asal Italia, Aviointeriors juga membuat inovasi kursi berdiri untuk pesawat. Inovasi ini dinilai bisa menghemat biaya karena menampung lebih banyak penumpang dan cukup menghemat ruang.

Kursi Skyrider menempati ruang yang jauh lebih sedikit daripada rata-rata kursi ekonomi, hanya 23 inch atau 58 cm, sehingga maskapai dapat pula menjejalkan kursi ekonomi mereka dan masih memungkinkan penumpang lain untuk memesan tiket jenis lain pada penerbangan yang sama.

Inovasi untuk kursi yang lebih mewah adalah kursi sofa yang dibuat oleh penyedia armada pesawat Airbus. Kursi yang diberi nama ‘Settee Corner’, yang memungkinkan penumpang untuk duduk di kursi mirip sofa. Selain kursinya lebih lebar ke samping sehingga penumpang juga akan lebih nyaman terbang dengan kursi kelas bisnis seperti ini.

Airbus bekerjasama dengan produsen interior pesawat Geven untuk membuat kursi sofa ini. Mereka mendasarkan konsep ini dengan konfigurasi three-seat atau kursi baris 3 di kelas ekonomi. Tentunya, difungsikan untuk penerbangan jarak jauh yang membutuhkan kenyamanan ekstra.

Sementara untuk kelas ekonomi, maskapai Thomas Cook baru saja meluncurkan inovasi berupa sleeper seat untuk kelas ekonomi di rute penerbangan long haul dengan pesawat Airbus A330.

Sleeper seat merupakan fasilitas di kelas ekonomi berupa matras panjang yang dibuat di atas tiga bangku penumpang yang berada di bagian belakang pesawat, mirip seperti yang dilakukan Airbus di kursi bisnis sofa.

Fasilitas tambahan berbayar itu akan mulai tersedia dari 13 Mei 2019. Biaya fasilitas ini sekitar 200 Poundsterling atau sekitar Rp 3,8 juta untuk sekali jalan.

Dalam setiap penerbangan, ada 4 kelas sleeper seat yang dapat disewa oleh traveler. Harganya memang setara 2 tiket, tapi lebih murah daripada membeli 3 bangku terpisah atau tiket pesawat kelas bisnis. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close