Uncategorized

JERMAN AKAN BUKA BANDARA BARU TAHUN DEPAN

Infopenerbangan – Sebuah bandara baru di Berlin, Jerman yang disebut sebagai bandara ‘terkutuk’, akan resmi dibuka pada 31 Oktober 2020 mendatang setelah pembangunannya yang memakan waktu yang lama.

Dari laporan laman Travel and Leisure, bandara yang dinamai Brandenburg Airport tersebut seharusnya sudah dibuka sejak sembilan tahun silam.

Namun, karena berbagai alasan, pembangunan bandara tersebut terus mengalami masalah dan dananya pun membengkak.

Awalnya, pembangunan untuk Bradenburg Airport dimulai pada tahun 2006 silam. Meski begitu, rencana pembangunan bandara ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1989 atau sejak bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.

Saat itu, pembangunan bandara di Berlin dianggap dapat memajukan ibu kota Jerman tersebut. Sekarang pun, Berlin sudah memiliki tiga bandara dan dua di antaranya masih beroperasi.

Di sisi lain, pembangunan bandara Bradenburg ternyata mengalami banyak penundaan.

Ada pun masalah yang terjadi di antaranya adalah kegagalan dalam inspeksi keamanan dan kebakaran, pergantian manajemen, kebangkrutan partner kontraktor, hingga tuduhan korupsi dan penggelembungan dana.

Tak tanggung-tanggung, biaya pembangunan yang awalnya hanya 1 miliar euro (sekitar 15 triliun) pun membengkak menjadi hampir 5,4 miliar euro (83 triliun rupiah).

Karena berbagai masalah inilah, warga Jerman pun mulai menyebut-nyebut bandara Bradenburg sebagai bandara yang terkutuk.

Bandara Bradenburg sendiri sebenarnya direncanakan untuk menjadi pusat transportasi Jerman pada Juni 2012 silam.

Namun, di penghujung 2011, muncul isu dalam struktur bandara yang membuatnya tidak bisa dibuka tepat waktu.

Meski begitu, kini pemerintah sudah menetapkan bahwa Oktober 2020 akan menjadi tanggal dibukanya Bradenburg Airport secara resmi.

Semua penerbangan ke Bandara Tegel di Berlin pun dijadwalkan akan berakhir pada 8 November 2020. Di sisi lain, Bandara Schoenefeld akan tetap berfungsi.

“Sejak 2017, kami sudah berusaha keras untuk menyelesaikan bandara tanpa perubahan-perubahan lagi,” ujar juru bicara dari Bradenburg.

“Staf bandara sudah memiliki jadwal yang sangat tepat dan kami sudah mendeteksi semua kesalahan yang ada di bagian konstruksi,” tuturnya menutup. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close