DomestikHighlightHot NewsNews

Jokowi akan Resmikan Bandara di Miangas

Infopenerbangan.com, Direncanakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan bandar udara (bandara) pada Rabu, (19/10)  di pulau Miangas. Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan Bandar Udara Miangas pada tahun 2016 dengan nilai investasi sebesar Rp 275 miliar yang bersumber dari dana APBN dan APBN-P tahun 2012-2016.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Bambang S. Ervan mengatakan, direncanakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo didampingi oleh Menteri Perhubungan pada peresmian besok.

Pulau Miangas adalah pulau yang terletak di paling utara Indonesia merupakan pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Mindanao-Filipina yang berjarak hanya sekitar 92 kilometer.

Bambang, seperti diberitakan liputan6,  menyatakan saat ini Bandar Udara Miangas memiliki panjang landasan pacu (runway) sepanjang 1.400 m x 30 m yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72. Selain itu, bandar udara tersebut dilengkapi runway strip 1.400 m x 150 m dan apron 130 m x 65 m yang mampu menampung 3 unit pesawat.

“Pada sisi darat, Bandar Udara Miangas memiliki gedung terminal seluas 356 m2 serta beragam fasilitas penunjang umum lainnya,” ujar Bambang.

Diharapkan dengan adanya bandara ini, Bambang menjelaskan, dapat menjadi jalur distribusi pangan dan barang lainnya, terutama pada saat cuaca perairan seputar pulau sedang dilanda angin kencang dan gelombang tinggi.

“Dengan demikian, keberadaan bandar udara ini maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kepariwisataan di Pulau Miangas,” tegas Bambang. (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker