DomestikHighlight

Jokowi Minta Menekan Harga Avtur Pertamina

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menekan harga avtur yang dijualnya di seluruh bandara. Tingginya selisih harga avtur di Bandara Changi, Singapura menurut Jokowi membuat harga avtur Pertamina tidak kompetitif.

“Harga avtur di Singapura dari berbagai ketentuan seperti pajak dan sebagainya bisa lebih rendah sekitar 10-15 persen. Memang kami harus menurunkan harga itu supaya bisa kompetitif dengan Singapura,” ujar Dwi di Istana Kepresidenan.

Menurut Dwi, satu-satunya cara untuk dapat menekan harga avtur adalah dengan melakukan efisiensi dalam proses produksi di kilang yang saat ini tengah dikerjakan perseroan.

Sementara Sekretaris Kabinet Pramono Anung berpendapat jika Pertamina berhasil menjalankan perintah Presiden untuk menurunkan harga avtur, maka secara otomatis penjualan avtur Pertamina juga akan meningkat.

“Pesawat-pesawat yang selama ini transit di Singapura untuk mengisi bahan bakar bisa memilih ke Indonesia. Baik Emirates, Qatar, Etihad, dan pesawat lain yang melakukan perjalanan panjang terutama dari Eropa ke Asia. Kalau bisa dilakukan, tentu manfaatnya bukan hanya dirasakan Pertamina tetapi juga industri penerbangan dan pariwisata,” kata Pramono.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close