DomestikHighlightHot NewsNews

Jokowi Minta Menhub Untuk Memperpanjang Landasan pacu Bandara Nop Goliat Dekai

Infopenerbangan.com, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengunjungi Kabupaten Yahukimo, Papua, untuk meresmikan bandara dan penetapan harga BBM, Selasa (18/10/2016).

Satu-satunya bandara di Yahukimo, Bandara Nop Goliat Dekai hanya memiliki runway sepanjang 1.950 meter, sehingga hanya bisa untuk mendarat pesawat perintis berukuran kecil. Padahal, bandara itu menjadi tumpuan tranportasi yang menghubungkan 417 desa yang berada di pegunungan Yahukimo.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memerintahkan agar Menhub memperpanjang runway Bandara Yahukimo menjadi 2.500 meter. Sehingga nantinya Bandara Yahukimo bisa untuk mendarat pesawat berukuran besar seperti Boeing 737 ataupun Airbus.

“Yang berkaitan dengan airport, memang panjang runwaynya masih 1.950 meter. Tapi tadi sudah saya sampaikan ke Menteri Perhubungan agar diperpanjang lagi menjadi 2.500, nanti Boeing bisa turun di sini,” ujar Jokowi dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat Yahukimo.

Jokowi menegaskan bahwa janji tersebut harus terealisasi dalam 2 tahun mendatang. Pembangunan Papua harus sama dengan daerah lain di Indonesia. Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti bandara diperlukan untuk membantu Papua dalam berkompetisi di tingkat nasional.

“Saya beri waktu 2 tahun maksimal harus jadi. Kalau yang lain panjang, yang di sini juga harus panjang kan. Sekarang ini eranya kompetisi, eranya persaingan, kalau infrastrukturnya semuanya dalam posisi yang sama, semuanya juga dapat bersaing dalam posisi apapun,” jelas Jokowi. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close