News

KEENAM KALINYA, GARUDA INDONESIA MERAIH PREDIKAT BEST CABIN CREW VERSI SKYTRAX

Infopenerbangan,-  Maskapai penerbangan kebanggan Indonesia, Garuda Indonesia meraih predikat “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” atau penghargaan untuk awak kabin terbaik dunia dalam ajang World Airline Awards yang diselenggarakan Skytrax.

Penghargaan yang diserahkan di Paris Prancis ini, menjadi penghargaan keenam kalinya yang diterima Garuda Indonesia, setelah sebelumnya diperoleh Garuda pada 2014 hingga 2018. 

“Penghargaan ini juga menjadi manifestasi tersendiri atas upaya berkelanjutan Garuda Indonesia untuk menghadirkan komitmen pelayanan terbaik bagi pengguna jasa, khususnya melalui konsistensi kualitas layanan penerbangan oleh seluruh awak kabin kami sebagai garda terdepan perusahaan,” ungkap Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang dikutip Antara. 

Irfan mengatakan Garuda Indonesia kembali menunjukkan capaian terbaiknya dengan membawa nama Indonesia ke dunia. Penghargaan ini khususnya dengan mengedepankan budaya keramahtamahan yang diwujudkan melalui filosofi pelayanan awak kabin.

Edward Plaisted CEO Skytrax pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa capaian “The World Best Cabin Crew” ini adalah salah satu capaian tertinggi yang diraih maskapai khususnya dalam aspek layanan yang dihadirkan. 

“Kami mengucapkan selamat kepada Garuda Indonesia atas prestasi yang diraih dalam memenangkan penghargaan tertinggi untuk layanan “World’s Best Cabin Crew”, untuk rekor keenam kalinya dalam ajang World Airline Awards,” katanya mengapresiasi. 

Menurutnya, tidaklah mudah mempertahankan aspek layanan di tengah berbagai tantangan kinerja yang harus dihadapi oleh industri maskapai penerbangan pasca pandemi Covid-19. Namun, awak kabin Garuda membuktikan dapat kembali menyandang gelar tersebut.

Kriteria Penilaian Awak Kabin Terbaik

Penilaian atas “The World’s Best Airline Cabin Crew 2023” dilaksanakan pada sejumlah aspek, baik dari teknis pelayanan yang diberikan hingga karakteristik yang ditampilkan oleh awak kabin. Penilaian ini terutama melihat sikap profesionalitas, antusiasme, dan keramahtamahan kepada para pengguna jasa melalui survei tingkat kepuasan penumpang penerbangan di seluruh dunia secara daring.

Survei tersebut berlangsung pada September 2022 hingga Mei 2023 lalu yang diikuti lebih dari 325 maskapai dunia. Berikut adalah daftar World’s Best Cabin Crew 2023 dari Skytrax.

1. Garuda Indonesia

2. Singapore Airlines

3. ANA All Nippon Airways

4. EVA Air

5. Hainan Airlines

6. Qatar Airways

7. Cathay Pacific

8. Thai Airways

9. Emirates

10. Japan Airlines

Selain awak kabin terbaik, Skytrax utamanya juga memberikan penilaian untuk maskapai terbaik di dunia. Mengutip dari liputan6.com, Rabu (21/6/), posisi pertama kini ditempati oleh Singapore Airlines. Qatar Airways yang tujuh kali menjadi pemenang Airline of the Year tergeser di posisi nomor dua tahun ini, diikuti oleh ANA All Nippon Airways dari Jepang di posisi ketiga, Emirates di urutan ke-4 dan Japan Airlines di posisi kelima. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close