DomestikHighlightHot News

Kemenhub Akan Serahkan Bandara Radin Inten ke AP II

Infopenerbangan.com, -Saat ini Bandara Radin Inten II tengah dikembangkan dengan memperpanjang landasan hingga 3.000 meter agar dapat didarati pesawat jenis Airbus 330. Di sisi darat sedang dibangun gedung terminal baru yang mampu menampung lebih banyak penumpang dibanding terminal lama yang hanya mampu menampung 1,4 juta penumpang per tahun.

Seiring adanya perbaikan tersebut,  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyerahkan kepemilikan dan pengelolaan Bandara Radin Inten II, Lampung, kepada PT Angkasa Pura (AP) II untuk meningkatkan kinerja bandara tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, akan menjadikan Bandara Radin Inten II sebagai bandara sub hub (pengumpul) dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. ”Saya sudah berbicara dengan Gubernur Lampung, beliau sangat antusias. Bandara Radin Inten II akan dijadikan bandara sub hub bandara-bandara di wilayah sekitar yang akan menuju Soekarno-Hatta sehingga dapat mengurangi kepadatannya. Bandara Soekarno- Hatta dikonsentrasikan untuk penerbangan internasional,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sementara itu Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan pihaknya  dan Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub sedang mempersiapkan serah terima. Kami sedang menghitung aset dan lainlain.

Agus berharap semakin cepat APII menerima bandara tersebut akan semakin baik bagi perusahaan pelat merah tersebut. ”Perkiraan saya pertengahan tahun depan (resmi diserahkan),” katanya. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker