DomestikHighlightNews

Kemenhub Tingkatkan Fungsi Pengawasan Operator Penerbangan

Infopenerbangan – Dari setiap ada kejadian, kita harus dapat mengambil hikmah, demikian kesimpulan yang dapat diambil dari kejadian kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menindaklanjuti empat rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas hasil investigasi kecelakaan tersebut.

Salah satu tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Kemenhub adalah meningkatkan fungsi pengawasan terhadap operator penerbangan. Dijelaskan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo, yaitu :

Pertama, terkait dengan implementasi training flight crew (pelatihan kru penerbangan) sesuai dengan operasi yang disahkan.

Kedua, meningkatkan fungsi pengawasan terhadap operator penerbangan terkait dengan implementasi pelaksanaan pelatihan upset recovery simulator(penanganan kondisi kritis penerbangan). Caranya, dengan meningkatkan jangka waktu pelatihan yang semula 12 bulan menjadi enam bulan.

Ketiga, lanjut Suprasetyo, membuat petunjuk pelaksanaan terkait dengan prosedur penanganan repetitive trouble (permasalahan teknis yang berulang di pesawat udara). Dia melanjutkan, Kemenhub mengevaluasi ulang sistem penanganan dan pencatatan discrepancy (permasalahan teknis) di pesawat yang ada di seluruh maskapai penerbangan nasional sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil (Civil Aviation Safety Regulations/CASR) 121.563. Selanjutnya, melakukan inspeksi khusus terhadap pengoperasian seluruh pesawat Airbus A320.

Keempat, Suprasetyo mengatakan, memastikan tugas pilot in command (PIC) untuk melaporkan semua kerusakan yang diketahui atau diduga tidak berfungsinya peralatan pesawat terbang pada akhir penerbangan sesuai dengan CASR 121.563 tentang pelaporan kerusakan mekanis (reporting mechanical irregularuties).

“Kami juga membuat edaran keselamatan terkait dengan prosedur pelaporan kerusakan mekanis secara manual dan/atau elektronik yang terintegrasi,” jelas Suprasetyo.(Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close