Infografis

KISAH BOMBARDIER DAN ATR DI GARUDA INDONESIA

Infopenerbangan,- ATR 72 adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop yang dibangun perusahaan pesawat Prancis-Italia ATR. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 penumpang dalam konfigurasi kelas tunggal dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

CRJ 1000 diluncurkan oleh Bombardier Pada 19 Februari 2007, sebelumnya didesain sebagai CRJ900X, perpanjangan dari CRJ900, dengan tempat duduk hingga 100 kursi.

Lihat Juga Disini

Bombardier menyatakan bahwa pesawat ini meyediakan performa lebih tinggi dan keuntungan lebih besar tiap tempat duduk.

Pada tahun 2013 Garuda Indonesia mendirikan Sub-Brand bernama Explore. Explore jet adalah Sub-Brand dari pesawat Garuda Indonesia Pesawat Garuda Indonesia Explore menggunakan Sebuah Pesawat Jenis ART 72 Dan Explore Jet menggunakan Pesawat Jenis Bombardier CRJ-1000.  

Sub-brand ini didirikan atas rencana pemerintah untuk meningkatkan konektivitas antar kota di Indonesia melalui penerbangan dengan jangkauan rute didaerah terpencil.

Garuda Indonesia mengambil tempat dipangkalan maskapai yang terletak di 5 Kota selain Jakarta seperti, Medan, Balikpapan, Makassar, Denpasar dan Surabaya dengan armada yang terdiri dari ATR 72-600 dan CRJ 1000 NexGen.

Pada rapat yang diselenggarakan Komisi VI DPR RI pada Selasa (14/7/2020), Irfan Setiaputra selaku Direktur Utama Garuda Indonesia mengatakan akan mengembalikan pesawat Bombardier CJR dan ATR karena tak sesuai dengan model bisnis Garuda Indonesia.

Irfan menambahkan dua jenis pesawat ini tidak cocok dengan karakteristik penumpang indonesia, ditambah bagasi jenis pesawat itu kecil. Sementara penumpang indonesia membawa barang yang banyak.

Saat ini, maskapai pelat merah itu memiliki 18 unit pesawat Bombardier CRJ-1000. Namun, akibat pandemi Covid-19 pesawat itu tak ada yang dioperasikan.

18 pesawat Bombardier CRJ semuanya tidak beroperasi dan Garuda Indonesia akan tetap mengembalikan dua jenis pesawat itu kepada lessor.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close