Hot News

KOREAN AIR ALAMI OVERSHOOT DI BANDARA FILIPINA

InfoPenerbangan,- Pesawat A330-300 registrasi HL7525 milik Korean Air tergelincir keluar dari ujung landasan atau mengalami ekskursi dari landasan pacu setelah mendarat di Landasan 22 Bandara Internasional Mactan-Cebu (CEB), Filipina pada Minggu (23/10) malam pukul 23.30 waktu setempat.

Perusahaan penerbangan itu menambahkan bahwa tidak ada korban luka dan semua penumpang telah dievakuasi dengan selamat.

“Tidak ada korban luka dan semua penumpang telah dievakuasi dengan selamat,” tulis pernyataan Korean Air dikutip dari Reuters.

Seperti dilansir Reuters, Senin (24/10/2022), pesawat jenis Airbus SE A330 yang berbadan lebar itu mengudara dari Seoul, Korea Selatan (Korsel) menuju Cebu pada Minggu (23/10) waktu setempat. Pesawat sempat berupaya melakukan pendaratan dua kali di tengah cuaca buruk, namun gagal.

Pada upaya ketiga, sekitar pukul 23.07 waktu Cebu, pesawat dengan nomor penerbangan KE361 itu berhasil menyentuh landasan, namun terus melaju hingga melewati ujung landasan. Pesawat mengangkut 173 penumpang beserta awak.

Penyebab insiden itu belum diketahui secara jelas. “Saat ini kami mengidentifikasi penyebab insiden tersebut,” sebut Korean Air dalam pernyataannya.

Sejumlah foto yang belum diverifikasi keasliannya yang beredar di media sosial, menunjukkan kerusakan parah pada badan pesawat tersebut, dengan roda pendaratan di bagian hidung pesawat tampak hancur.

Dampak dari insiden ini, Otoritas Bandara Internasional Mactan-Cebu menyatakan landasan ditutup sementara selama penyelidikan berlangsung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close