DomestikHighlight

Maret 2019 Pesawat Sudah Mendarat di Bandara Kulon Progo

Beberapa waktu lalu Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengarakan telah menargetkan bahwa Maret 2019 pembangunan bandara baru di Kabupaten Kulonprogo rampung.

‘’Target pahitnya pada Maret 2019 pesawat sudah mendarat di Bandara di Kabupaten Kulonprogo,’’ kata Hasto.

Sekarang tahap pembangunan bandara di Kulon Progo memasuki proses akuisisi lahan. Di samping itu, juga proses gugatan di PTUN terhadap IPL (Ijin Penetapan Lokasi) yang dilakukan oleh warga Kulon Progo yang mengatasnamakan Wahana Tri Tunggal. Gugatan tersebut selesainya ditargetkan tidak lebih enam bulan sejak pertengahan Mei 2015.

Hasto yang juga Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi ini mengharapkan pembangunan bandara sesuai target. Kalau mundur maksimal enam bulan. Sedangkan IPL berlaku sampai Maret 2018.

Lebih lanjut dia mengemukakan berkaitan dengan gugatan di PTUN, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo membantu menyiapkan materi untuk jawaban terhadap sanggahan. ‘’Gubernur (red. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X) sudah meminta tim lokal Kulon Progo menyusun materi jawaban,’’ujarnya.

Pengukuran lahan untuk bandara sudah lama dilakukan dan tinggal nanti kalau sudah selesai PTUN akan dilanjutkan dengan appraisal independen. Diwartakan Republika.co.id Hasto mengakui sudah bertemu dengan Komnas HAM berkaitan dengan adanya laporan dari sebagian warga Kulon Progo yang tidak setuju pembangunan bandara karena ada pelanggaran HAM terutama karena tidak adanya keterbukaan informasi.

‘’Komnas HAM bertemu saya untuk memberikan saran dan masukan supaya memberikan informasi dan menyampaikan aspirasi kepada masyarakat berkaitan dengan pembangunan bandara. Semua tahapan itu sudah kami lalui. Kami sudah bekerjasama dengan PT Angkasa Pura yakni dengan sekolah kedirgantaraan agar anak-anak di Kulon Progo ada yang sekolah di sana. Supaya dengan adanya pembangunan bandara masyarakat tidak hanya menjadi penonton,” ucap Hasto. (*/Fjn)

(Foto : bandara.web.id)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close