Domestik

MEMAKSIMALKAN POTENSI HELIKOPTER DI INDONESIA

Infopenerbangan,- Asosiasi Pilot Helikopter Indonesia (APHI) dan CSE Aviation, dengan menggandeng Debindo menggelar perhelatan Rotary Wing Indonesia Conference 2018 di JW Marriott Jakarta, tanggal 26‐27 September 2018.

Harapannya, Conference agar memberi solusi masalah transportasi diantaranya mendorong kemajuan layanan transportasi udara berbasis helikopter untuk keperluan mobilitas bisnis, medis, dan situasi krisis, baik di perkotaan maupun pedalaman.

Dengan kondisi dan typical Geographis Indonesia, Helikopter merupakan jawaban atas tantangan kebutuhan transportasi di Indonesia, khususnya sebagai transportasi penunjang kegiatan explorasi dan eksploitasi sumber alam Indonesia yang melimpah, baik didaerah-daerah pedalaman maupun di perairan laut dalam Indonesia.

Helikopter merupakan jawaban atas tantangan kebutuhan transportasi di Indonesia, khususnya sebagai transportasi penunjang kegiatan explorasi dan eksploitasi sumber alam Indonesia yang melimpah , baik didaerah-daerah pedalaman maupun di perairan laut dalam Indonesia.

Dalam sambutannya, Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim selaku Chairman CSE Aviation mengatakan kebutuhan moda transportasi helikopter di indonesia akan makin terbentuk di masa mendatang.

Untuk itu diperlukan regulasi jelas agar Indonesia bisa mendukung dan menyiapkan berbagai hal yang harus  disiapkan, baik dari segi aspek-aspeknya juga harus kita sempurnakan misalnya pendidikan penerbang heli, regulasi tentang penerbangan heli, penggunaan atau operator helikopter.

Sekali lagi saya tekankan Indonesia perlu membuat regulasi yang jelas terkait moda trasportasi helikopter karena Indonesia punya pangsa pasar besar tentu ini akan menarik perhatian pihak luar,’’ ujar Chappy saat berbicara di Rotary Wing Indonesia Conference 2018 di JW Marriott, Jakarta, Rabu (26/9).

MEMAKSIMALKAN POTENSI HELIKOPTER DI INDONESIA
Sambutan pidato Menhub. Budi Karya Sumadi Conference Rotary wing Indonesia di JW Marriott (26‐27/9/ 2018)

Sementara itu, dalam pidatonya Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengapresiasi penyelenggaraan acara ini, suatu bentuk inisiatif yang baik dari komunitas helikopter untuk membuat suatu seminar, untuk sharing idea, saya rasakan memang kebutuhan jasa helikopter ini makin hari makin dibutuhkan.

”Sudah terbukti bahwa helikopter ini memberikan suatu kontribusi yang baik, baik di perkotaan maupun sampai ke desa-desa,” terangnya. Oleh karenanya, kita harus membahas tentang bagaimana beroperasinya helikopter ini dengan baik, karena kita ingin memastikan konektivitas sampai ke ujung-ujung di daerah-daerah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum APHI yang juga Chief Executive Committee acara Capt. Imanuddin Yunus menyampaikan perhelatan ini merupakan gebrakan yang memelopori agar utilitas chopper (helikopter) di Indonesia dapat dimaksimalkan dengan teritorial sangat luas, Indonesia yang 2/3 wilayahnya perairan dan di perkaya belasan ribu pulau ini tidak cukup dengan hanya di huni 200an unit heli saja.

Dengan di selenggarakannya event bertajuk ‘Re-arrange Rotary Wing Indonesia Business Intention’ ini,  saya berharap pihak-pihak berkepentingan bisa memaksimalkan potensi helikopter di Indonesia. “Yang harus di ketahui, helikopter itu di buat untuk tujuan.  Helikopter bisa apa saja, mau apa saja dia jadi. Sekarang di Indonesia itu sepertinya belum di maksimalkan,”tambahnya.

 

Sumber ethan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close