DomestikHot NewsNews

Menhub Akan Bangun Bandara Perintis di Kalimantan

Infopenerbangan,- Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi merencanakan pembangunan dan revitalisasi pelabuhan di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Ia juga merencanakan akan melakukan pembangunan bandara perintis di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

“Kami sedang membangun Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat dan melakukan revitalisasi Pelabuhan KEK Maloy di Kalimantan Timur,” kata Budi pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah, Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah se-Kalimantan di Balikpapan, Jumat (14/7/2017).

“Kami akan bangun 4 sampai 5 titik Bandara Perintis di Kalimantan Utara, karena aktivitas masyarakat di perbatasan itu hanya dari udara, sementara kalau kita bangun jalan butuh waktu yang lebih panjang,” tambah Budi.

Sumber pendanaan pembangunan bandara-bandara itu, menurut dia, kemungkinan besar berasal dari  APBN Perubahan 2017 atau jika tidak memungkinkan, dari APBN 2018.

“Pendanaan dari swasta jelas swasta tidak mau, karena perintis tidak ada uangnya,” ujarnya.

Menhub menambahkan pihaknya juga akan memberdayakan bandara-bandara di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, serta memperhatikan pembangunan Bandara di Singkawang Kalimantan Barat.

Pembangunan fisik bandara-bandara itu ditargetkan dimulai di semester II 2017 ini untuk mempercepat kegiatan ekonomi masyarakat ke propinsi termuda itu. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close