DomestikHot NewsNews

Menhub Beri Penghargaan Kepada Dokter Yang Menyelamatkan Penumpang Di Garuda Indonesia

Infopenerbangan,- Pada penerbangan Garuda Indonesia hari Minggu (30/7/2017) sejumlah empat orang penumpang yang berprofesi sebagai dokter telah membantu salah satu penumpang yang tidak sadarkan diri saat penerbangan. Insiden tersebut terjadi pada penerbangan Garuda Indonesia dari Balikpapan, Kalimantan Timur, menuju ke Jakarta.

Atas dedikasi keempatnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan langsung kepada empat dokter karena ketangkasan mereka menyelamatkan penumpang yang pingsan di pesawat Garuda. Pemberian penghargaan dilaksanakan di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat.

“Atas nama pribadi dan sebagai menteri saya mengucapkan terima kasih sekali kepada para dokter yang sudah menyelamatkan penumpang,” kata Budi.

“Saya melihat apa yang dilakukan luar biasa. Apabila tidak ditolong saya tidak yakin penumpang itu selamat. Memang ini suatu kebetulan, tetapi ini harus menjadi contoh oleh pramugara dan pramugari,” jelas dia.

Budi meminta kepada para awak pramugari dan pramugara maskapai penerbangan agar mengetahui penanganan darurat medis di dalam pesawat. Hal tersebut, diperlukan agar awak maskapai dapat menangani pertolongan pertama saat adanya penumpang yang tiba-tiba sakit selama penerbangan.

Selain itu, salah satu dokter yang menerima penghargaan tersebut, dr HN Nazar menyarankan penumpang agar jujur memberitahukan riwayat kesehatan kepada petugas bandara atau maskapai sebelum melakukan mengikuti penerbangan.

Hal ini dilakukan, agar maskapai penerbangan dapat mengantisipasi dengan membawa alat-alat kesehatan yang diperlukan sesuai dengan riwayat kesehatan penumpang.

“Itu perlu kejujuran. Kalau punya penyakit, saat boarding itu bilang. Misalnya bilang saya punya asma. Bukannya enggak boleh terbang, tetapi kru sudah tahu dan siap (mengantisipasi), itu penting,” ujar dr Nazar.

Ia menambahkan, diperlukan pelatihan khusus dari dokter kepada awak pesawat untuk menangani suatu kejadian saat penumpang mengalami tidak sadarkan diri. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close