Career

MENHUB LANTIK 2.597 PERWIRA TRANSPORTASI

Infopenerbangan – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelenggarakan Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu di Lapangan Timur Monas, Jakarta, Rabu (18/09/2019). Upacara pelantikan ini diikuti sebanyak 2.597 Perwira Transportasi yang terdiri dari Matra Darat. Matra Laut dan Matra Udara lulusan dari 15 Sekolah Transportasi di lingkungan BPSDMP Kemenhub.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pemerintah saat ini berfokus untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi guna melayani kebutuhan masyarakat dan mengejar serta bersiap menuju Indonesia Maju. Selanjutnya, pembangunan infrastruktur juga harus diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang mendukung.

“Tentunya pembangunan fisik ini harus didukung oleh ketersediaan Sumber Daya Manusia yang cukup, baik secara kuantitas, maupun kualitas. Sebagaimana telah dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Tahun 2019 adalah tahun pengembangan Sumber Daya Manusia” paparnya.

Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu kali ini merupakan bagian dari rangkaian acara Harhubnas yang dirayakan pada tanggal 17 September 2019 lalu.

“Kerja keras dan perjuangan saudara selama menempuh pendidikan dan pelatihan telah sampai pada puncaknya. Saya berpesan agar tidak berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, melainkan agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi, serta memupuk sikap profesional,” lanjut Menhub Budi Karya.

Beliau juga menambahkan pentingnya untuk tetap menjaga komunikasi dan kerja sama antar alumni guna menjaga serta memperkuat nasionalisme dan semangat kebangsaan.

“Saya menyampaikan penghargaan kepada industri transportasi yang selama ini telah bekerja sama dalam penyediaan sarana dan prasarana untuk on job training, serta telah bersinergi dengan sekolah untuk selalu meng-update perkembangan teknologi dan demand terhadap lulusan sekolah-sekolah Kementerian Perhubungan sehingga dapat tercipta link and match,” ucapnya.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Menhub mengucapkan terima kasih kepada para orang tua lulusan yang telah memberikan kepercayaan kepada Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan untuk mendidik putra dan putrinya.

Sebagai tambahan informasi, jumlah lulusan Sekolah Transportasi di lingkungan BPSDMP Kemenhub yang dilantik tahun ini sebanyak 2.597 orang, berarti mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 yang berjumlah 2.472 orang lulusan. Sedangkan pada tahun 2017 Kemenhub melantik sebanyak 2.046 orang lulusan Perwira Transportasi.

Pembangunan Sumber Daya Manusia yang dilakukan Kementerian Perhubungan saat ini berfokus dalam 3 (tiga) hal yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, serta mendorong link and match antara industri dengan pendidikan vokasi. (*)

Sumber: PPSDMPU

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close