DomestikHot NewsNews

Menhub Tinjau Persiapan Peresmian Bandara Silangit

Infopenerbangan,- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau langsung persiapan peresmian Bandara Silangit bertaraf internasional yang akan dilakukan Presiden Jokowi pada 28 Oktober. Budi tiba di Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Minggu (24/9/2017).

Menhub langsung menuju lokasi proyek pembangunan perpanjangan landasan pacu dari semula 1.450 meter menjadi 1.650 meter sehingga nantinya bisa didarati pesawat sekelas Boeing 737 untuk semua seri.

Ia yakin jika perpanjangan landasan pacu selesai maka jumlah penumpang akan naik karena memungkinan adanya penerbangan langsung dari Jakarta atau luar negeri dengan pesawat sekelas Boeing 737.

“Pada 28 Oktober nanti, penerbangan internasional akan masuk untuk pertama kali. Nanti maskapai Garuda dari Singapura akan mendarat di Bandara Silangit,” katanya.

Meskipun penerbangan tersebut masih “charter flight” atau sewa, namun ke depan dia optimistis penerbangan sewa bisa menjadi penerbangan reguler seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang.

Kalau yang charter sukses maka dalam enam bulan ke depan diharapkan menjadi reguler. Nanti akan ada penambahan maskapai yang ke sini. Sekarang ini baru Sriwijaya Air dan Garuda yang ke sini. Tapi Lion Air sudah mengajukan ijin ke sini,” katanya.

Ia mengatakan dengan status sebagai bandara internasional, maka akan memicu pertumbuhan ekonomi karena hotel dan restoran tumbu dan ekonomi akan membaik.

Direncanakan peresmian Bandara Silangit ini akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara menjadi bandara bertaraf internasional pada 28 Oktober 2017. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close