Hot NewsInternasionalNews

Merugi, Cathay Pacific Akan Pulangkan 600 Karyawan

Infopenerbangan,- Maskapai penerbangan Cathay Pacific Airways Ltd akan memangkas 600 posisi pekerjaan. Kebijakan ini merupakan bagian dari pemecatan terbesar dalam dua dekade terakhir, menyusul kerugian pertamanya dalam 8 tahun dan kondisi bisnis yang makin sulit karena penurunan harga tiket.

Maskapai yang berbasis di Hong Kong ini, memangkas 190 orang dari jabatan manajer, atau kira-kira seperempat dari jumlah seluruh pekerjaan manajemen di perusahaan itu. Selain itu, Cathay pun memangkas 400 pekerja dalam tugas non-manajemen.

“Kami harus membuat keputusan yang sulit, namun perlu untuk masa depan bisnis dan pelangan kami,” ujar Chief Executive Cathay Pacific Rupert Hogg.

Maskapai ini menyatakan, pemotongan tersebut mewakili 25 persen staf manajemen dan 18 persen staf non manajerial di kantor pusat Hong Kong. Langkah ini merupakan yang pertama dalam program tiga tahun yang diumumkan tahun ini.

Dilansir sari Reuters (22/5/17), Cathay Pacific dan Singapore Airlines Ltd. termasuk di antara maskapai penerbangan premium di wilayah Asia yang terguncang di bawah persaingan ketat dari operator berbiaya rendah (low-cost carrier).

Maskapai penerbangan tersebut menyatakan, awak kabin dan pilot akan ikut terkena dampak. Namun, Cathay Pacific meminta agar staf di posisi tersebut untuk tetap menjaga produktivitas. Pada Maret 2017, perusahaan ini memiliki sekitar 33.700 karyawan di seluruh dunia.

Maskapai penerbangan ini tercatat mempekerjakan 16.500 pekerja di Hong Kong. Diperkirakan proses pemutusan hubungan kerja (PHK) akan rampung pada akhir tahun.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close