DomestikHot NewsNews

N-219 Jalani Uji Terbang Kedua Hari Ini

Infopenerbangan,- PT Dirgantara Indonesia kembali melakukan uji terbang pesawat N219 di landasan pacu Bandara Husein Sastanegara, Kota Bandung, Rabu, 23 Agustus 2017. Uji terbang pesawat tersebut dilakukan bertepatan dengan ulang tahun PT. Dirgantara Indonesia yang ke-41.

Dalam acara tersebut hadir Kepala LAPAN beserta Direktur Jenderal dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Ristek Dikti, dan Kementerian BUMN.

Pada uji coba penerbangan kedua ini, pesawat N219 lepas landas pukul 09.03 WIB dan mendarat kembali sekitar pukul 09.34 WIB. Kapten penerbang Esther Gayatri Saleh menjadi pilot utama dalam uji terbang tersebut didampingi kopilot Kapten penerbang Adi Budi Atmoko.

Pada Rabu sebelumnya, pesawat N219 hasil pengembangan riset PT DI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjalani uji terbang dengan mulus.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, sekira pukul 09.15 WIB dan berputar-putar di langit Bandung dan mendarat sekitar pukul 10.00 WIB.

Meskipun telah melewati serangkaian test, pesawat pertama N219 masih harus melalui tahap fatigue test, flight test development dan flight test certification yang membutuhkan 3000 cycle fatigue test dan 300 flight hours untuk mendapatkan Type Certificate di 2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close