Hot NewsInternasionalNews

Norwegia Kembangkan Pesawat Listrik

Infopenerbangan,- Norwegia sedang mengembangkan pesawat listrik berpenumpang dua orang. Pesawat ini disiapkan untuk bisa terbang pada 2025.

Menteri Transportasi Norwegia Ketil Solvik-Olsen dan Kepala Lembaga Penerbangan Norwegia Avinor Dag Falk-Petersen, menjajal pesawat Alpha Electro G2 dengan terbang beberapa mengitari bandara Oslo.

“Ini adalah contoh bagaimana kami melaju cepat dalam hal penerbangan ramah lingkungan. Kami tentu saja harus memastikan pesawat ini aman. Masyarakat tidak akan mau terbang menggunakan ini jika mereka tidak mempercayai keamanannya,” kata Solvik-Olsen.

Berdasarkan informasi yang dirinya terima, produsen pesawat seperti Boeing dan Airbus pun tengah mengembangkan pesawat listrik. Tidak ada yang tidak mungkin, bila kedua produsen besar pesawat telah menerapkannya, maka akan berdampak pula pada harga baterai yang terjangkau.

Jika ini terjadi, tujuan pemerintah Norwegia menerapkan semua penerbangan domestik menggunakan pesawat listrik akan terwujud pada tahun 2040.

“Saya memperkirakan, ini bisa tercapai sebelum 2025. Semua pesawat yang terbang di Norwegia adalah pesawat listrik pada 2040 nanti,” kata pilot Falk-Petersen.

Dikatakan pesawat dengan berat lepas landas 570 kg ini akan jauh lebih tenang daripada pesawat yang menggunakan bahan bakar fosil. (*/np)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close