Highlight

Paska di Kabulkannya Permohonan Pailit PT Mandala Airlines

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan permohonan pailit PT Mandal Airlines yang diajukan pada 9 Desember 2014 dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-Pailit/2014/PN.Jkt. Pst.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, izin Mandala secara otomatis langsung dicabut, setelah pengajuan pailit dikabulkan majelis hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

“Cabut, itu otomatis dicabut,” kata Jonan di Kantor Kementerian Kordinator Bidang Maritim, Jakarta, Senin (2/3/2015) seperti yang dikutip dari liputan6.com.

Jonan mengungkapkan, izin yang sudah dicabut tersebut, tidak bisa dialihkan atau dijual belikan dengan maskapai lain.

” Itu nggak ada izin operasi kayak urusan sepeda,” ungkapnya.

Menanggapi kondisi yang terjadi paska keputusan Pengadilan Niaga, Komisaris Utama Mandala Airlines, Budi Priyantoro, mendesak Tider Air selaku investor menyelesaikan masalah dan tidak mengabaikan tanggung jawab keuangan.

Pasca putusan pailit itu, kini masih menyisakan masalah. Menurut dia, pengajuan pailit itu dipaksakan oleh pihak Tiger Airlines dari Singapura selalu investor asing tanpa persetujuan investor lokal.

“Ini sama saja Tiger Airlines dari Singapura lari dari tanggung jawab finansial,” katanya.

Padahal kesulitan keuangan (finansial) yang dihadapi tidak parah dan investor lokal sudah mendapat tambahan investor lokal yang sudah siap mengucurkan dana.

Pada intinya, kata Priyantoro, pihaknya tidak ingin Mandala Airlines dipailitkan karena dari sisi keuangan tidak terlalu bermasalah. Selain itu faktor historis Mandala sangat penting bagi dunia penerbangan Indonesia.

“Apalagi sudah ada pengusaha Indonesia yang mengerti dunia penerbangan dan sangat tertarik untuk masuk, tapi karena pailit diajukan, mereka menundanya,” pungkas dia.

(Fjrn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close