Hot NewsInternasionalNews

Pemerintah India Berencana Menjual Maskapai Nasional Air India

Infopenerbangan,- Terlilit hutang yang besar, pemerintah India berencana menjual maskapai penerbangan nasional Air India. Penjualan tersebut juga telah disetujui oleh Perdana Menteri Narendra Modi sejak bulan lalu.

Dilansir Reuters, Senin (10/7), Pangsa pasar Air India mengalami kemerosotan hingga 13 persen akibat kemunculan maskapai penerbangan baru. Air India juga dibebani hutang sebesar 8,5 miliar dolar AS, dengan struktur biaya yang terus membengkak. Pemerintah India juga telah memberikan dana sebesar 3,6 miliar dolar AS sejak 2012 namun tetap tidak bisa menyelamatkan maskapai nasional tersebut.

Rencananya komite dari lima menteri federal senior yang dipimpin oleh Menteri Keuangan India Arun Jaitley akan melakukan pertemuan pada bulan ini untuk membicarakan rencana penjualan tersebut. Para analis memprediksi, penjualan Air India tetap akan dilakukan kepada pembeli potensial dari dalam negerinya yakni Tata Sons dan IndiGo.

Dilaporkan dalam beberapa pekan terakhir, Kementerian Penerbangan Sipil India bersama dengan sejumlah pejabat pemerintah bertemu dengan Ratan Tata yang merupakan pemilik Tata Sons. Menurut sejumlah analis, Tata akan menjadi pembeli yang menarik bagi pemerintah sebab, perusahaan ini merupakan pendiri Air India sebelum dijadikan sebagai maskapai nasional pada 1953.

Sementara IndiGo menyatakan tertarik dengan operasi internasional dan Air India Express yakni sebuah maskapai dengan biaya rendah. Analis penerbangan di ICICI Securities Anshuman Deb mengatakan, penjualan Air India akan memberikan nilai yang positif bagi pemerintah. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close