DomestikHighlightHot NewsNews

Pemprov Kaltara Subsidi 14 Rute Penerbangan Perintis

Infopenerbangan.com, Pemprov Kalimantan Utara mensubsidi 14 rute penerbangan bagi warga pedalaman dan perbatasan. Rite-rute tersebut dibagi untuk dua daerah perbatasan, Nunukan dan Malinau.

Di Nunukan sedikitnya ada 6 (enam) rute yang disubsidi. Yaitu Nunukan – Long Layu, Long Layu – Nunukan. Dua rute ini disubsidi pemprov sebesar Rp 2,3 juta, sehingga harga tiket per penumpang dewasa hanya Rp 435.100.

Dua rute lainnya adalah Tanjung Selor – Long Bawan dan Long Bawan Tanjung Selor. Dua rute ini disubsidi sebesar Rp 1,1 juta, sehingga harga tiket per penumpang hanya Rp 390 ribu.

“Mulai hari ini ada penerbangan dari Tanjung Selor menuju ke daerah pedalaman dan perbatasan, seperti ke Long Sule, Data Dian, Marak Baru dan beberapa daerah lainnya,” ujar Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie.

“Bersyukur pada saat ini sudah bisa terlaksana karena sudah lama kita rencanakan, tetapi waktu, kemampuan dan kondisi objektif yang ada belum memungkinkan selama ini.”

Biaya subsidi telah lama dianggarkan sejak Kaltara masih menjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), seperti dilansir antaranews, ada pun dana bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan dari masing-masing kabupaten.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kaltara Ahmad Hairani menyatakan anggaran angkutan perintis tersebut berasal dari APBD Provinsi Kaltara, yaitu Rp24 miliiar.

“Selain itu, ada dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya. (*/RF)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close