News

PENERBAGAN BANDARA HUSEIN PINDAH KE KERTAJATI PER 29 OKTOBER

InfoPenerbangan,- Seluruh penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat, dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, mulai 29 Oktober 2023.

Sementara, Bandara Husein Sastranegara nantinya hanya akan melayani penerbangan pesawat baling-baling.

“Ini dibahas di rapat, bahwa kami telah koordinasi bersama Kementerian Perhubungan, bahwa per 29 Oktober 2023 semua penerbangan yang di Husein Sastranegara dipindahkan ke Kertajati kecuali, pesawat baling-baling,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin usai memimpin rapat pimpinan di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (7/9/2023).

Menurut Bey, Kemenhub masih membolehkan jenis pesawat baling-baling beroperasi di Bandara Husein Sastranegara sampai 2024. Setelah itu, seluruh pesawat milik semua maskapai harus pindah ke Bandara Kertajati. “Untuk yang baling-baling, masih diperbolehkan di Husein Sastranegara, sekitar satu tahun lagi,” ucapnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar, Muhammad Taufiq Budi Santoso mengatakan, dengan dioperasikannya Bandara Kertajati maka ada koneksi penerbangan ke beberapa kota di luar Jawa, seperti menuju Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, Bali dan lainnya.

Dia menuturkan, untuk persiapan operasional bandara yang ditargetkan melayani 32 ribu penumpang dalam sepekan. Kemudian telah dipersiapkan seperti akses, armada, dan fasilitas Bandara Kertajati sendiri.

“Untuk armada dari sana ke sini dan sebaliknya sudah disiapkan juga bersama dengan Damri dan penyedia yang lain, kemudian bandaranya juga ada beberapa yang perlu diperbaiki dan disiapkan itu juga dilakukan. Jadi Kertajati harus siap layani penerbangan baik domestik maupun yang sekarang berjalan yang ke luar negeri per 29 Oktober,” bebernya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan untuk pesawat baling-baling sendiri saat ini hanya ada satu di Husein Sastranegara Bandung dengan tujuan Adisucipto yang dioperasikan Wings Air, dan akan bertahan untuk satu tahun.

“Jadi satu tahun di Bandung, setelah satu tahun semua dipindahkan ke Kertajati semuanya tahun depan, tahun 2024,” imbuh Taufiq. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close