News

PENERBANGAN BALI – PAPUA NUGINI DIRESMIKAN

InfoPenerbangan,- Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mendukung pembukaan penerbangan rute Bali ke Bandara Internasional Jacksons Port Moresby, Papua Nugini. Dia mengaku bangga dengan pembukaan penerbangan tersebut karena perjuangan yang dilakukan Parlemen Indonesia untuk memperkuat kerja sama bilateral dengan Papua Nugini membuahkan hasil.

“Hari ini bersejarah, satu hal bisa kita wujudkan yaitu direct flight, historical flight, national flight carier kita, Citilink dengan Bendera Merah Putihnya bisa mendarat di Port Moresby, Papua Nugini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/7).

Putu bersama Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dan Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun meresmikan penerbangan rute Bali-Papua Nugini di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Menurutnya, perjuangan untuk membuka rute baru ini tidaklah mudah, mengingat ada hubungan yang kurang baik antara Indonesia dengan Papua Nugini. Putu menambahkan, PNG juga dijanjikan dua hal sehingga nyaris tidak mau menerima delegasi Parlemen Indonesia saat kunjungan ke Papua Nugini. Akhirnya, Putu selaku pimpinan BKSAP DPR RI (Ketua GKSB) terus membangun komunikasi yang mengedepankan soft diplomacymelalui seni dan budaya. 

Bahkan, Putu mengundang Delegasi Parlemen Papua Nugini, yakni Plt Ketua Nasional Parlement of Papua New Guinea (PNG), Hon Johnson Wapunai datang ke Museum Rudana, Bali. Saat itu, ia menjamu dengan menampilkan seni budaya Bali hingga membuat mereka terkesan.

“Saya dengar ada janji yang belum kita tunaikan, yaitu direct flight yang kita janjikan, dan MoU antara Parlemen Indonesia dan Papua Nugini. Plt Ketua Nasional Parlement of Papua New Guinea (PNG), Hon Johnson Wapunai saya undang datang ke Bali, kita tampilkan seni budaya. Diplomasi inilah yang membuat hubungan bilateral antara Papua Nugini dengan Indonesia akan jauh lebih baik dan meningkat lagi,” katanya.

Putu berharap kehadiran penerbangan rute Bali ke Papua Nugini dapat meningkatkan hubungan bilateral kedua negara tersebut. Baik hubungan connectivity, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan terpenting mengawal kedaulatan kedua bangsa. Putu juga berharap dibukanya penerbangan rute internasional ini dapat menyumbang peningkatan wisman yang berkunjung ke Bali.

“Ini menyangkut respect, harmoni hubungan kedua negara dan saling menghargai kedaulatan negara masing-masing. Konektivitas ini akan mampu meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, pariwisata, investasi dan lain-lain,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close