DomestikHighlightHot NewsNews

Permasalahan Lulusan Pilot Lokal Jobless

Infopenerbangan.com, Banyaknya komentar dari lulusan pilot lokal yang menyatakan bahwa banyak pilot asing yang bekerja di Indonesia, menjadi salah satu alasan mereka belum memiliki kesempatan bekerja.

Seorang pilot di maskapai nasional mengatakan, bahwa memang banyak pilot asing yang bekerja di Indonesia. Tidak ada alasan penting tentang penggunaan pilot asing selain pihak yang diuntungkan dari mereka, misalnya broker menjadi salah satunya dan bekerja sama dengan manajemen maskapai.

Pilot asing bersedia dibayar murah asalkan mendapat jam terbang, ini menjadi alasan manajemen maskapai merasa diuntungkan, daripada menyekolahkan pilot lokal yang belum memiliki type rating, yang biayanya bisa digunakan untuk keperluan lain bagi maskapai. Diketahui dari data BPSDM terdapat 600 orang lebih pilot asing di Indonesia.

Dikatakan ketua Ikatan Pilot Indonesia (IPI), Capt Bambang Adisurya bahwa IPI telah berkoordinasi dengan BPSDM untuk menyampaikan konsep penyelesaian abinitio agar dapat diserap oleh maskapai.

“Saya sampaikan yang telah dilakukan IPI yaitu berkoordinasi dengan BPSDM untuk menyampaikan konsep penyelesaian abinitio agar dapat diserap maskapai,” ujarnya saat dihubungi Infopenerbangan.com, Selasa (30/08/2016).

Disampaikan juga bahwa IPI akan mengadakan workshop “Perjanjian Kerja dan Kebutuhan Pilot Nasional” yang melibatkan DPR, Masyarakat (orang tua dan siswa SMA), KEMENAKERTRANS, KEMENHUB (DKUPPU), sekolah penerbang dan operator. (fd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close