DomestikHighlightHot News

Pesawat Susi Air Keluar Landasan di Ilaga

Infopenerbangan.com, -Pesawat kecil baling-baling tunggal yang dioperasikan Susi Air jenis PC – 06 (Pilatus Porter ) keluar landasan di Ilaga, Papua pukul 08. 36 WIT, Sabtu ( 31/12/2016).

Infopenerbangan.com
Infopenerbangan.com

Pesawat  registrasi PK-BVM rute Timika (WAYY) tujuan Ilaga (WAYL) diterbangkan oleh pilot asing bernama James Davis. Pilot dilaporkan dalam keadaan selamat.

Infopenerbangan.com
Infopenerbangan.com

Pesawat naas tersebut berisi muatan 853 kg kargo Bahan Makanan dari Timika (WAYY) tujuan Ilaga (WAYL).

Ketika menjelang pendaratan, saksi mata menyampaikan bahwa pesawat normal sampai menjelang landasan. Namun, setelah mendarat pesawat oleng ke kanan sehingga sayap kanan menyentuh pinggiran landasan. Pesawat mengalami kerusakan di sayap ( wing) dan baling-baling ( propeller ).

The Pilatus PC-6 Porter adalah pesawat mesin tunggal (single-engined ) dengan kemampuan beroperasi di landasan pendek, Short Takeoff and Landing (STOL). Pesawat buatan Swiss pertama terbang tahun 1959 dan masih diproduksi sampai sekarang.

Pesawat Susi Air pernah juga tergelincir di Bandar Udara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (27/1/2016). Pesawat Susi Air yang tergelincir tersebut tengah melakukan training pilot atau pelatihan pilot. Namun, tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.
(*IP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close