Hot NewsNews

PESAWAT TIPE HAWKER 900 XP TERGELINCIR DI BANDARA MOROWALI

InfoPenerbangan, – Pesawat Jet Hawker dengan nomor resigistrasi PK-LRU rute Halim Perdana Kusuma – Marowali dikabarkan tergelincir di Bandara Maleo, Umbele, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (11/5/2023)

Kecelakaan tersebut diduga terjadi setelah pesawat dengan tipe 900 XP tersebut tidak terkendali dan menabrak pagar pembatas bandara. Kemudian pesawat tergelincir hingga keluar  dari area bandara. 

Saat ini lokasi Kecelakaan Pesawat di Bandara Maleo Morowali diberi garis polisi. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya oknum-oknum yang berusaha masuk ke dalam pesawat sebelum penyelidikan kecelakaan selesai. 

Petugas Airnav Bandara Maleo Morowali bersama dengan TNI dan Polri tampak bersiaga di sekitar lokasi. Sejumlah petugas membawa jerigen untuk mengeluarkan bahan bakar dari badan pesawat. 

Petugas bandara berhasil mengevakuasi empat penumpang, serta empat kru pesawat yang merupakan pilot, pramugari, teknisi, dan kopilot dengan selamat. 

Dalam peristiwa tersebut AKBP Supriyanto memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. 

“Tidak ada korban, semua selamat, baik kru maupun penumpang”, kata AKBP Suprianto dikutip dari TribunPalu.com

Tampak badan pesawat yang terlilit dengan kawat berduri pembatas bandara. Penumpang pesawat diketahui merupakan karyawan perusahaan nikel tujuan Morowali Utara. Usai kejadian, para Korban langsung dievakuasi ke unit pelayanan kesehatan terdekat. 

Meskipun tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa itu, namun terdapat dua kru yang dilaporkan mengalami luka ringan. Kedua korban dilarikan ke puskesmas terdekat. 

Berikut daftar nama kru pesawat:

  1. Sutisno (Pilot)
  2. Muh Faisal (Kopilot)
  3. Aisyah (Pramugari)
  4. Ahmad Riyadi (Teknisi)

Nama-Nama penumpang:

  1. Tony Zhou Yuan (Pemilik Sekaligus Direktur Operasional PT GNI)
  2. The Cha Les (General Manager PT. GNI)
  3. Wu Zhiqiang
  4. Wu Xixiong

Milik Lion Air Group?

Pesawat tipe Hawker 900XP PK-LRU ini, diduga kuat milik Lion Air Group dan dioperasikan anak usahanya yakni Lion Bizjet. 

Sejumlah video dan foto yang tersebar di internet, tempampang logo Lion Group di badan pesawat bernomor PK-LRU tersebut. 

(Pesawat Hawker 900XP PK-LRU milik Lion Group. (INSTAGRAM.COM/@CAHYAADIH)

Berdasarkan situs Bizjet Lionbizjet.com,  tertera jika perusahaan penyedia jasa penerbangan charter ini menyewakan pesawat Hawker Beechcraft 900XP. 

“Hawker 900XP adalah jenis pesawat jet eksklusif bermesin ganda, sayap terhampar, dan seluruhnya terbuat dari logam. kapasitas standar untuk 9 penumpang dan barang bawaan mereka, ditambah minimal 2 kru. kursi kru ketiga juga disediakan.

Mesin pesawat terdiri dari dua mesin turbofan Honeywell TFE7 31-50R, dipasang pada penyangga di bagian belakang fuselage. 

Hawker 900XP bersertifikasi sesuai dengan persyaratan CAR.4b BCAR, FAR Part 25 yang diubah, persyaratan kebisingan FAR Part 36, dan akan memenuhi persyaratan kesesuaian dengan RVSM.” (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close