DomestikHot NewsNews

Petugas ATC Resah, Ada Apa?

Infopenerbangan – Pemerintah melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara membentuk tim yang mengkaji status dan kelembagaan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI), hal itu tertuang pada  KP.111 tahun 2017 .
Terkait hal ini,  Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controllers) yang tergabung dalam Air Traffic Controllers Association (AITCA) menyatakan sikap dengan mempertanyakan hal tersebut karena dianggap meresahkan para petugas ATC.
Ketua Umum AITCA, Suwandi mengatakan, dengan terbitnya surat keputusan dirjen perhubungan udara tersebut dapat mengganggu konsentrasi para pemandu lalu lintas udara dalam menjalankan aktifitasnya.
“Hari ini, AITCA menyatakan sikap terhadap surat keputusan Dirjen Perhubungan Udara nomor KP 111 tahun 2017, jangan ada kebijakan yang membuat keresahan,” kata Suwandi dalam jumpa pers di Kantor Pusat Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI), Neglasari, Tangerang, Rabu (10/5).
Suwandi menjelaskan, bahwa Perum LPPNPI lahir, pelayanan navigasi penerbangan Indonesia dikelola oleh 5 institusi diantaranya PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, UPT dibawah Kementerian Perhubungan, Otorita Batam dan pihak swasta.
Suwandi, bersama rekan-rekan lainnya dalam hal ini akan mempertahankan bentuk pelayanan navigasi penerbangan Indonesia dalam wadah Perum.
Suwandi mengakui, bahwa Tim yang dibentuk dalam isi surat Dirjen Pehubungan Udara tersebut belum menghasilkan suatu kajian yang berpengaruh dalam keberadaan Perum LPPNPI. Ia menghawatirkan dengan adanya Tim kajian tersebut, Perum LPPNPI akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU). (*/RF).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close