Uncategorized

PILOT TUMPAHKAN KOPI, PESAWAT MENDARAT DARURAT

Infopenerbangan – Tak sengaja menumpahkan secangkir kopi di meja itu hal biasa saja. Namun ini menjadi tidak biasa jika tumpahnya di panel kontrol pesawat.

Seorang pilot yang tengah melakukan penerbangan trans-atlantik, menumpahkan secangkir kopi di panel kontrol pesawat dan menghasilkan asap dan bau hangus. Demi keselamatan penerbangan, pilot melakukan pendaratan darurat di Shannon, Irlandia.

Menurut Air Accidents Investigation Branch, pengalihan itu tejadi ada 6 Februari 2019, ketika Airbus A330-243 milik Condor sedang melakukan perjalanan dari Frankfurt, Jerman ke CancĂșn, Meksiko.

Menurut laporan CNN, Jumat (13/09/2019), pilot telah diberi secangkir kopi tanpa tutup oleh awak kabin dan secara tidak sengaja menjatuhkannya.

Beberapa cairan tumpah ke panel kontrol audio. Itu kemudian menjadi sangat panas dan menghasilkan asap dan bau hangus.

Kerusakan itu menyebabkan kesulitan komunikasi yang signifikan bagi awak pesawat, dan memaksa mereka mengenakan masker oksigen.

Peralatan juga menjadi sangat panas sehingga salah satu tombol pada panel kontrol mulai mencair, yang mendorong pilot untuk melakukan pendaratan darurat di Shannon, Irlandia. Pada saat itu, pesawat sedang membawa 11 awak dan 326 penumpang.

Untungnya tidak ada cedera yang dilaporkan dan maskapai Condor telah mengubah prosedurnya untuk memastikan tutup cangkir disediakan untuk di semua penerbangan.

“Operator juga mengeluarkan pemberitahuan pada awak pesawat agar mengingatkan pilot untuk berhati-hati dengan cairan,” katanya. *)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close