Uncategorized

PILOT YANG DARATKAN PESAWAT DI LADANG JAGUNG DIBERI PENGHARGAAN OLEH PRESIDEN RUSIA

Infopenerbangan – Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan penghargaan kenegaraan tertinggi ke dua pilot yang berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat di ladang jagung usai serangan burung. Pesawat tersebut mengangkut lebih dari 230 orang.

Dalam seremoni di Kremlin, Putin menyerahkan penghargaan Hero of Russia (Pahlawan Rusia) kepada pilot Damir Yusupov dan kopilot, Georgy Murzin pada Kamis (21/11) waktu setempat. Putin pun memberikan pujian atas keberanian dan profesionalisme kedua pilot tersebut.

“Mereka bisa mendaratkan pesawat secara harfiah di lapangan kosong dan menyelamatkan ratusan nyawa,” kata Putin seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/11/2019).

Yusupov yang mengenakan seragam pilotnya, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas tindakan kru pesawat.

“Saya sangat bangga dan terinspirasi untuk lebih mengabdi pada ibu pertiwi kita,” ujar pilot berumur 42 tahun itu.

Murzin yang juga mengenakan seragam, mengatakan bahwa dirinya akan terus “menyempurnakan keahlian profesionalnya dan memastikan keselamatan penerbangan.”

Pada usia 23 tahun, Murzin menjadi warga Rusia termuda yang menerima penghargaan Hero of Russia tersebut.

Sebelumnya pada Agustus lalu, sebuah pesawat Airbus A321 milik maskapai Ural Airlines yang terbang ke Crimea, menabrak sekawanan burung camar, tak lama setelah lepas landas dari bandara Zhukovsky di Moskow. Burung-burung tersedot ke dalam mesin pesawat dan kru memutuskan untuk segera mendarat darurat. Pesawat pun mendarat di sebuah ladang jagung, sekitar satu kilometer dari landasan dengan mesin mati. Pesawat tersebut mengangkut 226 penumpang dan 7 kru.

Media Rusia menyebut pendaratan tersebut “sebuah keajaiban” dan membandingkan dengan pendaratan pesawat US Airways oleh pilot Amerika Serikat, Chesley “Sully” Sullenberger’ di Sungai Hudson setelah serangan burung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close