Uncategorized

PRESIDEN RESMIKAN REVITALISASI BANDARA HALIM

InfoPenerbangan,- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya meresmikan Proyek Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma yang pembangunannya dikerjakan oleh WIKA KSO, pada Rabu (5/10/2022).

Proyek revitalisasi ini ditangani oleh Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (Wika KSO) dan telah dikerjakan sejak awal bulan Januari 2022 lalu.

Peresmian turut disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito, Direktur Operasi I WIKA Hananto Aji, dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, desain terminal baru VVIP mengusung kearifan lokal dengan sentuhan modern.

“Terminal baru VVIP ini akan menambah kepercayaan diri Indonesia sebagai tuan rumah ketika menyambut tamu-tamu penting negara dalam Presidensi Indonesia pada KTT G-20,” ungkap dia dikutip dari keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Dalam proyek revitalisasi tersebut, WIKA KSO sebagai kontraktor pelaksana bertanggung jawab pada penyehatan landas pacu (runway), penyehatan landas hubung (taxiway), perbaikan sistem drainase, penataan fasilitas lain, peningkatan kapasitas parkir pesawat (apron), serta renovasi gedung Naratetama dan Naratama.

“Proyek Revitalisasi Bandara Halim mencerminkan kapasitas Wika Group dalam menyelesaikan proyek sesuai dengan target waktu dan kualitas yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan,” jelas  Direktur Utama Wika, Agung Budi Waskito.

Agung melanjutkan bahwa saat ini Wika juga tengah fokus untuk menyelesaikan proyek-proyek penunjang Presidensi G20.

Beberapa proyek yang dikerjakan diantaranya Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Preservasi Jalan dan Jembatan Bali, dan Jalan dan Jembatan Labuan Bajo.

Revitalisasi Bandara Halim mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Fasilitas Pangkalan Tentara Nasional Indonesia/Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Adapun anggaran yang dialokasikan untuk revitalisasi sebesar Rp 600 miliar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close