Hot NewsInternasionalNews

Qatar Airways Berniat Akuisisi Saham American Airlines 10 Persen

Infopenerbangan,- Maskapai penerbangan Qatar Airways dikabarkan berminat untuk membeli saham maskapai penerbangan AS American Airlines sebesar 10 persen atau mencapai nilai sebesar 808 juta dollar AS.

“Qatar Airways mengindikasikan minat untuk mengakuisisi setidaknya 10 persen saham,” kata pihak American Airlines seperti dikutip dari Reuters, Jumat (23/6/2017).

Namun CEO American Airlines Doug Parker, sedikit bingung dengan rencana Qatar Airways tersebut. Dalam pernyataannya yang ditujukan kepada karyawan American Airlines, Ia menilai rencana investasi yang diajukan oleh Qatar Airways terhadap American Airlines sedikit membingungkan.

Mengingat American Airlines, Delta Airlines, dan United Airlines sering menuding Qatar Airways dan beberapa rival regional lain seperti Emirates dan Etihad, menerima subsidi yang besar dari pemerintah sehingga bisa menjadi pemain besar di industri penerbangan.

Qatar Airways dan AA sudah bekerjasama dalam aliansi maskapai penerbangan OneWorld sejak 2013. Namun, maskapai Timur Tengah tersebut telah berinvestasi dalam beberapa maskapai anggota aliansi lainnya.

Qatar Airways memiliki 20 persen saham International Consolidated Airlines Group yang merupakan induk perusahaan maskapai British Airways dan Iberia. Maskapai Timur Tengah itu juga memiliki 10 persen saham LATAM Airlines.

Di tengah konflik yang sedang terjadi di Timur Tengah, baru baru ini maskapai Qatar Airways dinobatkan menjadi maskapai terbaik di dunia tahun 2017 oleh lembaga independen pemeringkat penerbangan basis London, Skytrax yang diumumkan langsung di acara kedirgantaraan Paris Airshow pada Selasa (20/6/17). (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close