Hot NewsInternasionalNews

Seorang Pria India Nekat Buka Pintu Darurat Pesawat Ketika Mengudara

Infopenerbangan,- Seorang pria India ditahan petugas ketika turun dari pesawat karena menimbulkan keributan dalam penerbangan. Pria bernama Aftab Ahmed berusia 32 tahun itu membuka paksa pintu darurat saat pesawat tengah mengudara.

Insiden itu terjadi dalam penerbangan AirAsia dari New Delhi menuju Ranchi, ibu kota Provinsi Jharkhand, India.

“AirAsia mengonfirmasi terjadinya insiden yang disebabkan oleh penumpang dalam penerbangan dari New Delhi menuju Ranchi pada tanggal 10 Juli,” demikian pernyataan resmi AirAsia, dikutip AFP.

“Saat mendarat di Ranchi, pihak kami juga telah mengamankan pelaku dan menyerahkannya kepada Central Indian Security Force (CISF) untuk penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Namun AirAsia tidak memberi pernyataan lebih jauh mengenai motif ataupun kronologi peristiwa yang menyebabkan Ahmed berusaha membuka pintu darurat pesawat di tengah penerbangan.

Sementara itu media lokal mengatakan, Ahmed adalah penduduk asli kota Ranchi, ibu kota negara bagian Jharkhand India.

Sebelumnya, kejadian serupa sempat terjadi. Pada Februari lalu, seorang penumpang maskapai Indigo (maskapai penerbangan terbesar di India) membuka pintu darurat sesaat sebelum lepas landas di Mumbai.

Melalui Kementerian Penerbangan Sipil,  pemerintah India mengumumkan rencana larangan terbang bagi mereka yang pernah melakukan tindakan berbahaya selama penerbangan. Pemerintah India mengajukan usulan untuk melarang penumpang berdasarkan tiga kategori perilaku membahayakan. Di antaranya komentar cabul, pelecehan seksual dan tindak perusakan fasilitas penerbangan. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close