Domestik

SUSI AIR BUKA RUTE TANJUNGPINANG – TAMBELAN MULAI MARET 2020

Infopenerbangan – Mulai Maret 2020, pesawat perintis akan melayani rute baru Tanjungpinang – Pulau Tambelan (Kepri). Rute tersebut dibuka sebagai inovasi PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Plt Executive General Manager Bandara RHF Tanjungpinang M Wahid Jumadi mengatakan rute penerbangan tersebut akan dioperasikan oleh maskapai perintis Susi Air. Rencananya pada Maret 2020 rute ini akan terbang perdana.

Susi Air akan beroperasi sebanyak dua kali seminggu. Untuk rute Tanjungpinang – Tambelan Susi Air terbang pada Selasa pukul 11.55 WIB dan Sabtu pukul 08.55 WIB (minggu pertama dan ketiga) dengan harga Rp 345.000.

Sementara untuk rute Tambelan – Tanjungpinang, Susi Air terbang hari Selasa pukul 13.40 WIB dan Sabtu pukul 10.40 WIB (minggu pertama dan ketiga) dengan harga tiket Rp 305 ribu.

“Pesawat yang digunakan nantinya ialah jenis Caravan C208 dengan kapasitas 12 penumpang. Gratis bagasi 10 kilogram serta gratis makanan ringan di dalam pesawat,” M. Wahid.

Pada November 2019, pesawat Susi Air jenis Cassa sudah melakukan uji coba pendaratan di Bandara Tambelan dan berhasil.

Penerbangan pesawat perintis merupakan program subsidi pemerintah, sehingga harga tiket yang ditawarkan lebih murah dibandingkan maskapai komersial lainnya. Pesawat perintis telah menjadi transportasi alternatif bagi masyarakat.

Selama ini, perjalanan Tanjungpinang – Tambelan hanya bisa ditempuh menggunakan kapal perintis Pelni yaitu Sabuk Nusantara yang beroperasi per 14 hari sekali. Perjalanan via laut menempuh perjalanan sekitar 30 jam. Namun saat musim utara tiba, maka kapal tidak diberangkatkan akibat gelombang tinggi. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close