InternasionalNews

TEKEN MOU, PENERBANGAN KOREA – MANADO PP SEGERA DIBUKA

InfoPenerbangan,- Pemerintah Sulawesi Utara dan salah satu maskapai Korea yaitu JEJU AIR sepakat menjalin kerja sama dengan menghadirkan penerbangan langsung Bandara Sam Ratulangi ke Seoul.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (OD) menuturkan bahwa penjajakan kerja sama dengan JEJU Air ini bertujuan untuk mengembangkan pariwisata Sulut dan juga mempererat hubungan antara Sulut dan Korea.

“Jadi akan ada rute penerbangan baru yang akan segera dibuka. Yakni, Manado menuju Republik Korea dengan menggunakan JEJU Air,” sebut OD.

Dia pun berharap, pembukaan rute penerbangan ke Korea ini bisa memberikan dampak besar untuk pertumbuhan pariwisata Sulut dan juga kerja sama dalam segmen lainnya.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat akan kelancaran pembukaan rute penerbangan ini. Semoga ini akan memberi dampak yang baik untuk kita semua,” harapnya.

Dia menjelaskan potensi kerja sama itu cukup besar karena jarak tempuh antara Jeju ke Sulut sekitar lima jam. Oleh karena itu, dia berharap kerja sama itu dapat memberikan dampak positig bagi perekonomian Tanah Air, khususnya masyarakat Sulut.

“Karena memang di Sulut investor Korea sudah ada. Ada yang investasi pariwisata, hotel dan lapangan golf. Jadi, ini akan mendorong pariwisata Sulut.” tambahnya.

Jeju Air merupakan maskapai berbasis di Jeju, Korea Selatan. Selama ini, maskapai itu telah menyasar Manado sebagai pasar potensial untuk menerbangkan turis Korsel ke Manado.

Sebelumnya, Pemprov Sulut juga membuka rute penerbangan langsung Manado-Singapura dengan maskapai Tiger Scoot. Selain itu, ada pula penerbangan langsung dari Manado menuju kota-kota di Cina yang dapat meningkatkan perekonomian kedua negara.

Penandatanganan ini termasuk rangkaian kunjungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke Korea Selatan. Olly mendampingi Megawati sekaligus meneken kerja sama tersebut.

“Dalam pertemuan Ibu Mega di Jeju ini sekaligus kita diagendakan kerja sama pemerintah Sulawesi Utara dengan Jeju Air dalam rangka penerbangan langsung dari Korea ke Sulawesi Utara. Karena jarak tempuh dari Korea ke Sulawesi Utara kan cuma 5 jam plus plus dikit,” kata Olly di The We Hotel, Jeju, Korea Selatan, Selasa (13/9/2022).

Diketahui, Megawati tengah melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Megawati dijadwalkan akan menjadi pembicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity.

Selain itu, Megawati akan menyaksikan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Jeju National University (JNU) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dalam hal ini, Megawati berkapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close