DomestikHot NewsNews

Terminal 4 Hadir, Total Kapasitas Penumpang Jadi 90 Juta

Infopenerbangan – PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mempersiapkan proyek pembangunan terminal 4 bandara internasional Soekarno – Hatta rencananya akan dibangun di atas lahan seluasa 100 hektare (ha). Hadirnya proyek tersebut, kapasitas penumpang di bandara dipresiksi mencapai 90 juta/tahun.

Kepala Project Management Unit Bandara Soekarno-Hatta Agung Sedayu mengatakan, saat ini Terminal 4 sedang dalam proses detail engineering design. Tujuan dibuatkannya Terminal 4 supaya tidak ada lagi keterlambatan penumpang lantaran padatnya jumlah penumpang di bandara.

Berdasarkan catatannya, saat ini kapasitas jumlah penumpang mencapai 60 juta per tahun. Sebelum hadirnya Terminal 3 Bandara Internasional kapasitas terpasangnya hanya 22 juta penumpang per tahun.

“Jadi kami antisipasi itu, kita akan bangun jangan nanti tidak terjadi lagi masalah kapasitas. Yang kami bangun hanya memenuhi apa yang sudah ada, lima sampai 10 tahun ke depan kita tidak pernah tahu. Hitungan kami dengan tambahan Terminal 4, kapasitas bisa 90 juta penumpang,” tuturnya dikutip dati Okezone, Selasa (9/5/2017).

Lebih jauh Agus mengungkapkan, terminal bandara yang baru ini belum diketahui akan melayani rute penerbangan mana. Hal ini sedang masuk tahap kalkulasi, jadi bisa seperti Terminal 3 untuk internasional semua, domestik, maupun dicampur penerbangannya.

“Karena ada di beberapa bandara lain juga dilakukan seperti itu dari tiap terminal ada beberapa yang mix, agar terjadi sinergi, jadi kalau nanti ada transit atau ada perbedaan tempat tidak terlalu jauh,” jelasnya. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close