Highlight

Terungkap “Black Box” Pesawat Germanwings

Pesawat Germanwings mengalami kecelakaan pada Selasa (24/3/2015), penyebab kecelakaan tersebut mengarah pada kopilot Andreas Lubitz yang diduga sengaja menjatuhkan pesawat. Lubitz diduga sengaja menjatuhkan pesawat lantaran kondisi jiwanya yang kurang sehat. Menurut riwayat kesehatannya, kopilot itu sempat menunda pelatihan pilot pada 2008 karena mengalami salah satu jenis gangguan mental. Seorang teman mengatakan dia mengalami ‘depresi’.

Data dari cockpit voice recorder (CVR) Black Box, terungkap apa yang terdengar dari kokpit pesawat dan sekitarnya, mulai pesawat hendak terbang hingga celaka di Pegunungan Alpen, Prancis. Kata-kata terakhir dari Lubitz tersebut. Yakni ketika diminta kapten pilot Patrick Sonderheimer untuk mempersiapkan pendaratan lantaran pesawat sudah dekat di tempat tujuan, Dusseldorf Jerman, kopilot berusia 27 tahun itu menjawab ‘Semoga’ dan ‘Lihat Saja Nanti’. Lubitz kemudian mempersilakan Sonderheimer untuk keluar dari kokpit pesawat dan menuju toilet, Liputan6.com

Sang Kapten kembali dari toilet, namun pintu ruang kemudi terkunci. Sang kapten pilot berteriak minta pintu dibuka, tapi Lubitz diam saja. Beberapa menit kemudian, pesawat turun ketinggian perlahan-lahan akhirnya jatuh Pegunungan Alpen, Prancis. Semua orang di dalam pesawat, yang berjumlah 150, dinyatakan tewas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close