DomestikHighlightHot News

Tingkatkan Konektivitas Wilayah Perbatasan, Lanud Soedirman Dijadikan Bandara Komersil

Infopenerbangan.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan survei terakhir mengenai kemungkinan rencana pembangunan dan pengembangan Pangkalan Udara (Lanud) Jenderal Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah yang akan menjadi bandar udara komersial, dan akan ditentukan dalam waktu dekat ini.

Direktur Bandara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Yudhi Sari Sitompul mengatakan finalisasi rencana pembangunan dan pengembangan Lanud Jenderal Soedirman menjadi bandara komersial akan dibahas pada Minggu (8/1) dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Bupati Purbalingga yang akan diundang ke Jakarta.

Lebih lanjut, dia menegaskan pembangunan bandara baru di Purbalingga tersebut dilakukan agar adanya konektivitas di wilayah perbatasan dan rawan bencana serta daerah terpencil. Pembangunan bandara baru tersebut, katanya, juga menjadi bagian dalam merealisasikan program Nawa Cita yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

“Pembangunan bandara di Jawa Tengah bagian barat ini sudah waktunya direalisasikan dan Lanud Wirasaba (Jenderal Soedirman) ini menjadi alternatif,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Tasdi berharap pemerintah pusat bisa merealisasikan rencana pembangunan bandara Jenderal Soedirman yang sudah diinisiasi sejak tahun 2007 silam.

“Kami atas nama masyarakat Purbalingga akan meminta realisasi pembangunan bandara Jenderal Soedirman bisa terlaksana karena akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat Purbalingga dan pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat Purbalingga dan sekitarnya,” pungkas Tasdi. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close